Sistem Informasi Geografis Letak Trafo Step-Dow Pada PT PLN (Persero) Rayon Lhokseumawe Kota Dengan Menggunakan Metode Dijikstra

Fauziah Fauziah, Mulyadi Mulyadi, Akmalul Fata

Sari


Salah satu bagian penting dari jaringan listrik PT PLN (Persero) adalah keberadaan tranformator distribusi atau biasa disebut dengan trafo distribusi. Penggunaan trafo pada umumnya sering mengalami kerusakan akibat kondisi alam dan error manusia serta masa pakai trafo yang sudah melebihi kapasitas sehingga dapat mengakibatkan terjadi kerusakan pada trafo distribusi. Disatu sisi keadaan yang terjadi di lapangan petugas sering mengalami kekurangan dan kewalahan baik dalam memahami lokasi trafo atau keberadaan trafo tersebut sehingga untuk melakukan perbaikan memakan waktu yang sangat lama dan terlambat saat mencari trafotrafo yang rusak tersebut. Kriteria yang dapat digunakan antara lain, jalan/rute, serta informasi kapasitas trafo dan letak perencanaan titik. tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu sistem informasi geografis dengan menerapkan teknologi pemetaan yang bermanfaat untuk memberikan informasi letak trafo dan mengetahui koordinat dari sebuah trafo. Berdasarkan pembahasan di atas, maka penulis akan membangun suatu aplikasi mobile android sistem informasi geografis pemetaan lokasi trafo di Kantor PLN Lhokseumawe yang terintegrasi dengan global position system (GPS) dan mampu memberikan informasi trafo di Kantor PLN Lhokseumawe berupa kode gardu, jenis, alamat, latitude, longitude, penyulang, daya, PHS, merek, no seri, tahun, kondisi, arus, tegangan, dan jurusan, serta menampilkan rute menuju ke lokasi trafo yang dipilih. Lokasi pengguna dapat diketahui dengan bantuan GPS. Dalam sistem ini hasil yang diperoleh adalah menampilkan informasi trafo, menampilkan rute terdekat menuju lokasi trafo dengan menggunakan algoritma djikstra.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budianto, Eko. 2010. Sistem Informasi Geografis Dengan Arc View GIS. Yogyakarta: Andi Offset.

Kuntjoro, Wedyanto. 2007. Teknologi Global Positioning System. [Online] Tersedia: Http://Geodesy.Gd.Itb.Ac.Id/. Diakses Pada 24 juni 2019.

Codepolitan. 2014. Firebase Membantu Kita Membuat Aplikasi Realtime. [online] tersedia: Https://Www.Codepolitan.Com/. Diakses Pada 24 juni 2019.

Codepolitan. 2016. Mengenal Diagram UML (Unified Modeling Language). [online] tersedia: Https://Www.Codepolitan.Com/. Diakses 24 juni 2019.

Codepolitan. 2016. Belajar UML - Use Case Diagram. [online] tersedia: Https://Www.Codepolitan.Com/. Diakses Pada 25 juni 2019.

Codepolitan. 2017. Mengapa Harus Belajar Android dengan Android Studio. [online] tersedia; Https://Www.Codepolitan.Com/. Diakses Pada 22 juni 2019.

Dian, Muhar. 2015. Apa itu XML dan Kenapa Penting dalam Pemrograman. [online] tersedia: Https://Www.Petanikode.Com/. Diakses Pada 22 juni 2019.

Eddy, Prahasta 2006. Sistem Informasi Geografis (Membangun Web Based GIS Dengan Mapserver). Bandung: CV. Informatika.

Joko, Harnanti. 2015 Perancangan dan implementasi sistem inpeksi Trafo berbasis Mobile. Salatiga: Universitas satya wacan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724