Sistem Pendeteksi Kualitas Daging Berbasis Android

Lana Mahgfira, Muhammad Nasir, Jamilah Jamilah

Sari


Abstrak— Daging merupakan bahan pangan yang penting dalam memenuhi kebutuhan gizi. Selain mutu proteinnya tinggi, pada daging terdapat pula kandungan asam amino esensial yang lengkap dan seimbang. Keunggulan lain, protein daging lebih mudah dicerna dibanding dengan yang berasal dari nabati. Pada umumnya penentuan kualitas daging di kalangan masyarakat masih menggunakan cara manual yang umumnya hanya melihat dengan kasat mata.karena mata manusia mempunyai keterbatasan sehingga hasilnya berbeda tergantung pada penglihatan mata. untuk mengatasi masalah tersebut dapat dibuat sebuah aplikasi sistem pendeteksi kualitas daging berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kualitas daging menggunakan segmentasi dengan menggunakan metode thresholding dan HSV.Hasilnya menunjukan bahwa data penelitian yang diperoleh mampu menonjolkan area tertentu dari citra digital sehingga aplikasi dapat mendeteksi kualitas daging secara efisien dan praktis dengan waktu relatif lebih singkat dan dapat di gunakan masyarakat luas dengan keakuratan deteksi kualitas daging berkisar antara 70-80 %.

 

Kata Kunci: Android, Eclipse,Color Segmentation.Thresholding,HSV.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


W. Nurhayat, 2014.“BPS: Tahun Depan Permintaan Daging Sapi Naik 8% Jadi 639.000 Ton” detikcom. [Online]. Available: http://finance.detik.com. diakses pada 05 November 2018..

Monika Risang Wijyanti.2011, “Analisis Preferensi Konsumen dalam membeli Daging Sapi Di Pasar Tradisional Kabupaten Karanganyat”, Skripsi, Fakultas pertanian Universitas Sebelas Maret.

Ardiansyah, F.2011, “Pengenalan Dasar Android”.Depok: Biraynara

Safaat H, N,2012. “Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC” ,Bandung: Informatika

Badan Standardisasi Nasional.2008, “Mutu karkas dan Daging sapi”SNI:3932:2008

Budi Putranto dkk.2010, “Segmentasi warna citra dengan deteksi warna HSV untuk mendeteksi”,Jurnal informatika,Fakultas Teknik Informatika unuversitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta.

Nurul fatika Muchlis.2018, “Deteksi Kemetahan Pada Kulit Wajah Dengan Teknik Pengolahan Citra”Tugas akhir,Fakultas Teknologi Industri,Universitas Islam Indonesia.

Kumaseh, Max R., dan dkk.2011, “Segmentasi Citra DigitalIkan Menggunakan Metode Thresholding”, Jurnal Universitas Sam Ratulangi.

Basyir.M,Nasir.M.2017, “Emergency Reporting Apps Development on Android Platform”.E-Jurnal.

Nasir.M,2019 “Identification of Diseases in Rice Plants Using The Gray Level Co- Occurrence Matrix Method” Department of Information Technology and Computers, Politeknik Negeri Lhokseumawe, Aceh, Indonesia


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724