Desain Dan Implementasi Sistem E-Learning Dengan Pendekatan Gaya Belajar Visual, Audio, Read And Kinesthetic (Vark) Studi Kasus Teknik Informatika Politeknik Negeri

Nurakmalinda Nurakmalinda, Muhammad Arhami, Salahuddin Salahuddin

Sari


Teknik Informatika merupakan salah satu program studi (Prodi) yang bernaung dibawah jurusan Teknologi Informasi dan Komputer pada perguruan tinggi Politeknik Negeri Lhokseumawe. Umumnya seluruh perguruan tinggi di aceh masih melakukan proses belajar mengajar secara konvensional, termasuk politeknik negeri lhokseumawe. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah media pembelajaran berbasis website yaitu e-learning dengan menerapkan metode gaya pembelajaran Visual, Audio, Read and Kinesthetic (VARK) untuk membantu mengindentifikasi gaya belajar yang dimiliki mahasiswa tingkat awal di teknik informatika. Gaya belajar merupakan suatu cara atau kebiasaan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam berusaha untuk menerima, memahami, dan berpikir serta mengingat suatu pelajaran sehingga dengan cara tersebut dapat berpengaruh pada hasil belajar mahasiswa. Metode VARK sendiri merupakan cara untuk mengindentifikasi gaya belajar tersebut dengan cara mengisi kuisioner VARK. Hasil identifikasi ini juga akan memberikan rekomendasi materi yang dibutuhkan sesuai dengan gaya belajar masing-masing mahasiswa yang dapat di download pada fitur Data Materi Kuliah sehingga dapat membantu mahasiswa lebih mudah memahami materi pembelajaran. Pembuatan sistem dilakukan melalui analisa kebutuhan data dan analisa kebutuhan fungsional. Perancangan sistem dimulai dengan pembuatan Konteks Diagram, pembuatan Data Flow Diagram dan pembuatan Entity Relationship Diagram. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan basis data MySQL. Hasil penelitian ini merupakan sebuah sistem yang dapat mengdentifikasi gaya belajar mahasiswa dan menyediakan fitur-fitur pembelajaran lainnya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Khan, B.H. 2005. Managing E-learning: Design, Delivery, Implementation and Evaluation. Hershey, PA: Information Science Publishing

Dunn, R. 1993. Learning Style and The Nursing Profession, Chapter 1- 6.

Fleming, N and Baume, D. (2006, 04 November). Learning Styles Again: VARKing up the right Tree. New Zealand: Educational Developments.

Malarvilly Ramayah, Premagowrie Sivanandan, Neliza Hilmy Nasrijal, Thamayanthee Letchumanan, Lim Chee Leong (Taylor’s Business School, Taylor’s University College, Subang Jaya 47500, Malaysia) Preferred learning style: Gender influence on preferred learning style among business students. Journal of US-China Public Administration, Aug. 2009, Volume 6, No.4 (Serial No.47), ISSN 1548-6591, USA

Fleming, N. (2012). Facts, Fallacies and Myths VARK and Learning Preferences Designer of the VARK questionnaire. (Online).(www.vark-learn.com, Maret 2019).

Fleming, N and Baume, D. (2006, 04 November). Learning Styles Again: VARKing up the right Tree. New Zealand: Educational Developments.

Fleming, N and Mills, C. (1992). Not Another Inventory, Rather a Catalyst for Reflection. To Improve the Academy. 11 (246): 137:155.

Ghufron, N dan Risnawita, R. S. (2010). Gaya Belajar, Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hawk, T.F dan Shah A.J.( 2007). Using Learning Style Instruments to Enhance Student Learning. Decision Sciences Journal of Innovative Education, 5 (1): 1-19.

Kuisioner VARK online , the VARK questionnaire. (Online). www.vark-learn.com. Diakses pada Maret 2019


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724