Penggunaan Metode Weighted Product Pada Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Pembelian Rumah di Kota Lhokseumawe.

Devy Kurniawati, Muhammad Arhami, Husaini Husaini

Sari


Sistem pendukung keputusan merupakan suatu sistem yang interaktif, yang membantu pengambil keputusan melalui penggunaan data dan model-model keputusan untuk memecahkan masalah yang sifatnya semi terstruktur maupun tidak terstruktur. Seperti saat ini calon pembeli merasa bingung dengan tipe rumah yang bermacam-macam membuat calon pembeli rumah kesulitan menentukan pilihan yang sesuai dengan keinginan dan perekomian meraka. Selain itu calon pembeli tidak memiliki cukup waktu untuk mendatangi satu persatu rumah yang akan dijual. Tujuan dibuatnya sistem ini adalah mempermudah atau membantu calon pembeli untuk menentukan pilihannya dalam membeli rumah sesuai dengan kriteria dan bugdet mereka, maka dibuatlah sebuah Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Rumah menggunakan metode Weighted Product (WP). Weigthted Product adalah metode penyelesaian dengan menggunakan perkalian untuk menghubungkan nilai atribut, dimana nilai harus dipangkatkan terlebih dahulu dengan bobot atribut yang bersangkutan. Metode Weighted Product (WP) merupakan bagian dari konsep Multi-Attribut Decision Making (MADM) dimana diperlukan normalisasi pada perhitungannya. Dengan metode Weighted Product ini penulis membuat sebuah sistem yang diharapkan nantinya dapat membantu masyakat mengambil keputusan dalam memilih rumah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kusumadewi, S., dan Guswaludin, I., 2005, Fuzzy Multi Criteria Decision Making, Jurnal Media Informatika Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia nomor 1 volume 3 halaman 25-38, Juni 2005, diakses 23 November 2010.

Bank Indonesia, KPR subsidi dan Non subsidi KPR subsidi dan nonsubsidi/,diakses pada tanggal 28 November 2018).

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R., 2006, Fuzzy Multi Atribute Decision Making (FUZZY MADM), Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sari, Indah Kumala,Yohana Dewi Lulu W,Kartina Diah K., 2011. “Sistem Pendukung Keputusan Lokasi Gudang di Perusahan dengan Metode WP (Weighted Product)”, Politeknik Caltax Riau,Pekanbaru.

Sianturi, Ingot Seen. 2013 “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pemilihan Jurusan Siswa Dengan Menggunakan Metode Weighted Product (Studi kasus: SMA Swasta HKBP Doloksanggul”. Informasi dan teknologi Ilmiah (INTI). Vol 1 :halaman 19-22

Heru supriyona, Chintya Purnama Sari., 2015, Pemilihan Rumah Tinggal Menggunakan Metode Weighted Product, Jurnal Ilmu Komputer dan Infomatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta. No.1 Volume 1 Desember 2015.

Nency Nurjannah, Zainal Arifin, Dyna Marisa Khairina, 2015, Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Sepede Motor Dengan Metode Weighted Product Jurnal Informatika,Mulawarman Nomor 02,Volume 10, September 2015

Tomy Reza Adianto,Zainal Arifin Marisa Khairina., 2017, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Rumah Tinggal di Perumahan Menggunakan Metode SAW (Studi kasus : Kota Samarinda) Jurnal Ilmu Komputer dan Informasi Universitas Mulawarman,,Kalimantan Timur, Nomor 1, Volume 2 Maret 2017.

Yudi., 2015 Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Rumah Metode AHP dan GIS statis Kota Medan Sebagai salah satu kriteria Pemilihan, Medan, Eksplora Informatika Nomor 1, Volume 5, September 2015.

Fadlil,A., Pengembangan Sistem Basis Data Presensi Perkuliahan Dengan Kartu Mahasiswa ber-Barcode. Vol. 6, No. 1, ISSN : 1693-6930


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724