Rancang Bangun Aplikasi Perbaikan Citra Hasil Scan Dokumen Lama Dengan Metode Filtering

M.Dian Novrizal Aziz, Sila Abdullah Syakri, Zulfan Khairil Simbolon

Sari


Abstrak Penyimpanan dokumen secara digital dapat mengurangi resiko kehilangan ataupun kerusakan pada dokumen. Dokumen yang menjadi bahan digitalisasi sangat mempengaruhi kualitas citra yang dihasilkan. Degradasi kualitas pada dokumen lama mengakibatkan hasil scan menjadi buruk. Timbulnya noise pada bagian-bagian tertentu citra dan juga objek pada dokumen yang memudar menyebabkan dokumen tersebut menjadi buram dan sulit untuk diidentifikasi. Oleh karena itu diperlukan perangkat lunak yang mampu memperbaiki kualitas citra hasil scan dokumen lama yang buruk. Hal yang dapat dilakukan yaitu dengan proses image enhancement (perbaikan citra), dengan melakukan proses tersebut maka akan menghasilkan tampilan citra yang lebih baik. Metode yang digunakan yaitu metode High Boost Filter. Metode High Boost Filter merupakan proses filtering yang menunjukkan frekuensi detil dari citra tanpa menghilangkan komponen frekuensi rendahnya. Dari 25 data yang diujikan, seluruh citra berhasil di filter menjadi lebih baik dengan noise yang tersamarkan. Pengujian juga dilaukan dengan pendeteksian text yang terdiri dari 79 kata, sebelum dilakukan filtering jumlah kata yang dikenali berjumlah 31 kata, stelah filtering jumlah kata yang berhasil dikenali menjadi 64 kata. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk proses filtering yaitu 306,76 detik.

Kata kunci : Dokumen Lama, Perbaikan Citra, Filtering.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sutoyo, T. Mulyanto, Edy. Suhartono, Vincent. Nurhayati, Oky D. Wijanarto. 2009. Teori Pengolahan Citra Digital. Semarang: Andi.

Putra, Darma. 2010. Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta : Andi.

Rachmad, Aeri. Pengolahan Citra Digital Menggunakan Teknik Filtering Adaptivenoise Removal Pada Gambar Bernoise. Surabaya: Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Putra, Agfianto Eko. Rama Ali. Implementasi Metode Penapis High-Pass Dan Penapis High-Boost Dalam Penajaman Citra Dengan Menggunakan Kernel Konvolusi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724