Sistem Informasi Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Menggunakan Platform Android

Rizal Fakhri, Husaini Husaini, Huzaeni Huzaeni

Sari


 

Abstrak − Kebutuhan darah yang terus meningkat membuat masyarakat atau pihak pasien kesulitan untuk mendapatkan pendonor darah. Keterbatasan informasi yang dimiliki oleh pihak pasien menjadi salah satu kesulitan untuk mencari relawan yang mau mendonorkan darahnya. Pemanfaatan teknologi informasi dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, sehingga masyarakat mendapatkan informasi itu dengan mudah. Sistem informasi ini dapat mempermudah admin mengelola data menggunakan android untuk membantu dan menarik perhatian masyarakat untuk mendonor darah, karena informasi ini menyajikan tentang informasi aktivitas donor darah, informasi tentang manfaat dan kebutuhan donor darah, jumlah stok darah yang tersedia, jadwal kegiatan donor dan informasi kegiatan donor adalah salah satu fungsi kegiatan administrasi yang dilakukan oleh unit transfusi darah palang merah indonesia aceh utara. Namun, ini tidak bisa disalurkan ke publik. Sehingga orang tidak memiliki pengetahuan tentang informasi mengenai sumbangan darah. Melihat permasalah diatas, maka perlunya membangun sistem informasi unit transfusi darah palang merah indonesia aceh utara agar lebih mudah dan tepat dalam mencari informasi mengenai donor darah serta darah donasi di publikasikan ke publik.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Donor Darah, Android, Database MySQL


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hamzah, 2015. Analisa dan Rancangan Sistem Informasi Ketersediaan Donor Darah Hidup, (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Universitas Yoyakarya, Vol, 1 – ISSN:2407 – 3911).

Ihmam, Arif. 2015. Sistem Informasi Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia(PMI) Berbasis Web. (Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Negeri Lhokseumawe).

Novia, Rizqiana, 2016. Aplikasi Info Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Probolinggo Berbasis Android. (Jurnal Prosiding SENTIA 2016 – Politeknik Negeri Malang Volume, 8 – ISSN:2085-2347)

Rihwahyuni, 2009. Sistem Informasi berbasis Web pada PMI daerah umatra utara dengan menggunakan PHP dan Mysql, (Medan : Universitas Sumatra Utara).

Latifah, U & Triyono M.A, 2013. Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Pendonor Darah Pada UDD Kabupaten Pacitan. (Indonesian Jurnal On Computer Science – Speed – IJCS – Volume 10 No 4 – November 2013 48-56).

Nazruddin Safaat H, 2011, Android (Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC BerbasisAndroid). Informatika, Bandung.

Sutabri, Tata .2005.Sistem Informasi Manajemen.2005. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724