Pembuatan Film Dokumenter “Aku Bangga Menjadi Mahasiswa” Menggunakan Visual Effect

M Risan D, Muhammad Nasir, Mursyidah Mursyidah

Sari


Abstrak— Pembuatan film pendek menggunakan visual effect ini merupakan cara yang paling efektif untuk mengatasi permasalahan dalam proses shooting yang tidak dapat dilakukan dengan harus melakukan pengambilan gambar menggunakan teknologi Hologram. Visual effect yang dimaksud adalah penggabungan antara gambar asli dengan gambar hasil manipulasi perangkat lunak dengan mengikuti pola pergerakan gambar asli hasil dari Tracking Camera. Pada tugas akhir ini akan dibuat sebuah film pendek dengan judul "Aku Bangga Menjadi Mahasiswa", dimana pada salah satu adegan film tersebut dilakukan penerapan visual effect pada adegan saat pemeran utama membuka Sistem Informasi Akademik (SIA) untuk melihat nilai akademik, diterapkan di adegan ini agar penonton beranggapan bahwa teknologi yang digunakan oleh kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe sudah sangat canggih dan terdepan, dan pastinya agar menarik minat penonton. Penggabungan kedua unsur tersebut dilakukan untuk menggabungkan antara gambar manipulasi perangkat lunak dengan gambar nyata. Hasil dari penelitian ini membahas tentang proses pembuatan film pendek dari pra produksi, produksi, dan pasca produksi dengan penerapan visual effect yang digabungkan Tracking Camera dan Masking Layer yang diterapkan pada adegan melihat nilai akademik menggunakan Hologram. Film pendek dengan durasi 18 menit 22 ini diharapkan mampu menonjolkan dari segi cerita dan menjadi media promosi untuk kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Kata kunci— visual effect, shooting, hologram, tracking camera, masking layer.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hikmat, 2016 (Juni), “Pengertian Holografi dan Hologram”, [online], (http://kliksma.com/2015/03/pengertian-holografi-dan-hologram.html, diakses 22 Desember 2016)

Sahid, Nur, dkk., 2013 (Maret), “Penerapan Visual Effect Dalam Pembuatan Film Evo”. STIMIK AMIKOM Yogyakarta.

Saputra, Gusman Fahmirrianto dan Agustinus Sigit Dwi Prihanta. 2010. ‘Pembuatan Video Klip Memories Band dengan Teknik Mixing Video dan Animasi 3D”. Yokyakarta : STMIK AMIKOM.

Wicaksono, Guntur. 2012. “Perancangan dan Pembuatan Film Pendek dengan Judul “Jati Diri”. ”. Yokyakarta : STMIK AMIKOM.

Yuliana, S, Taufiq, dkk., 2010, “Pembuatan Film Dokumenter Bukan Gengster Melalui Implementasi Teknik Pengambilan Gambar Dan Teknik Editing Pada Komunitas Motor Sobbisco Karanganyar”. Universitas Surakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724