Penerapan Sistem Monitoring dan Pengaturan Suhu dan Kelembaban Pada Inkubator Bayi Menggunakan Single Board Computer

Rafsan Barri, Atthariq Atthariq, Muhammad Nasir

Sari


Inkubator bayi merupakan alat medis yang berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu pada suatu ruangan sehingga tetap stabil pada suhu yang telah ditentukan. Inkubator bayi pada umumnya dioperasikan secara manual tetapi dengan menggunakan single board computer maka inkubator bayi dapat dimonitoring dan dikontrol dengan satu pengontrol pusat saja. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan sebuah single board computer. Single board computer yang digunakan adalah Raspberry Pi, dengan Raspberry Pi yang menerapkan teknologi Jaringan wire dan wireless maka seluruh client dapat terkoneksi dengan seluruh inkubator bayi yang menggunakan single board computer. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan inkubator bayi agar dapat berjalan secara otomatis dan mendapatkan kemudahan dalam memonitoring dan mengkontrol inkubator bayi. Sistem yang dirancang untuk memonitoring suhu dan kelembaban dan mengontrol pemanas, kipas pendingin dan buzzer ini dirancang dengan menggunakan terminal pada system operasi raspbian, bahasa python dan php, sebagai sarana membuat user interfacenya. Pengujian dilakukan dengan melakukan pengukuran dan pengamatan pada inkubator bayi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pada pengujian sensor suhu memiliki selisih suhu dengan pengukur suhu standar sebesar 0,8 ( oC). hasil pengujian pengaturan menunjukkan bahwa perangkat pemanas, kipas dan buzzer berhasil dilakukan pengontrolan secara otomatis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriyadi, 2012. “Miniatur Pemantauan Suhu Inkubator Bayi Berbasis Mikrokontroler Atmega 8535 dan Jaringan Nirkabel”. Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi, Depok.

Dimas, Rizal, Hadiyoso, 2014. “Pemantau dan Pengatur Suhu Inkubator Bayi Berbasis WIFI”. Fakultas Teknik Elektro, Bandung.

Ramdani, 2012.” Pengembangan Inkubator Bayi dan Sistem Monitoring Berbasis Wireless”.Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Bandung.

Stefan Sjogelid. 2013. Raspberry Pi For Secret Agents. Mumbai: Packt Publishing Ltd.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724