Pembuatan Film Animasi Sejarah Islam Masuk Ke Aceh Berbasis 3D

Kharisma Devi, Hari Toha Hidayat, Mursyidah Mursyidah

Sari


Perkembangan film yang sangat cepat dapat dilihat dari para pengelola industri film 3D yang berlomba-lomba menciptakan film animasi yang mendekati nyata/real dan tentunya menarik bagi para penontonnya. Animasi yang bertemakan sejarah ini dibuat sebagai sarana pendidikan sejarah bagi anak-anak. Film animasi Islam masuk ke Aceh adalah salah satu film animasi sederhana yang bertujuan untuk mengingatkan kembali sejarah penting yang ada di Aceh, sehingga masyarakat kembali mengetahui sejarah yang ada di daerahnya sendiri. Film animasi Sejarah Islam masuk ke Aceh ini menggunakan teknik Lip-Sync dan teknik Frame by Frame pada karakter. Lip-sync adalah penyesuaian gerak mulut dan suara yang akan diucapkan karakter, dengan mengatur bentuk mulut menggunakan tools shapskey, caranya berikan nilai pada shapkeys sehingga bentuk mulut sesuai, pemberian nilai tersebut dilakukan dengan melihat bentuk mulut dari Preston Blair Phoneme agar sesuai dengan bentuk mulut karakter. Frame by frame adalah mengatur gerakan pada karakter agar gerakan berjalan pada karakter mendekati objek nyata dengan mengatur dalam waktu satu detik terdapat 24 frame, pengaturan timeline pada aplikasi yang digunakan yaitu 1 langkah dalam satu detik. Selisih antara frame adalah 3 frame yaitu, gerakan 1 diatur pada frame 0, gerakan 2 diatur pada frame 3, dan gerakan 3 diatur pada frame 6 dan seterusnya, semakin banyak frame maka gerakan semakin halus dan terlihat lebih nyata.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Informasiana. “Sejarah Penyebaran Islam di Indonesia”. (online)http://informasiana.com/sejarah-penyebaran-islam-diindonesia/. Diakses 15 November 2016.

Nendya, Matahari Bhakti. dan Mu’min, Syahri. 2015. “Auto Lip-Sync Pada Karakter Virtual 3 Dimensi Menggunakan Blendshape”. Jurnal Rekam, Vol. 11 No. 2 - Oktober 2015. https://www.academia.edu. Diakses 24 April 2016. Pukul 22.22 WIB.

Basith, Abdul. (2016) “Inbetween Frame Video Animasi Putri Pukes Bebasis Frame By Frame”. (Tugas Akhir Mahasiswa Politeknik Negeri Lhokseumawe) Lhokseumawe.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882 | E-ISSN: 2797-1724