STUDI SISTEM BACK UP BEBAN EMERGENCY DENGAN START UP DIESEL ENGINE GENERATOR 760 KW DI UNIT 2 PT. PUPUK ISKANDAR MUDA

Muhammad Jimmy Al Fayed, Yassir Yassir, Teuku Hasanuddin

Sari


Abstrak —PT. Pupuk Isakandar Muda menghasilkan energi listrik dari dua pembangkit utama yaitu Generator turbine gas unit 1 kapasitas 15 MW dan unit 2 dengan kapasitas 20 MW. Sebagai generator emergency digunakan diesel engine generator unit 1 kapasitas 350 KW unit 2 dengan kapasitas 760 KW dan Generator turbin gas standby unit 1 dengan kapasitas 1,5 MW. Pada dasarnya sistem kelistrikan yang baik adalah sistem yang dapat di andalkan dalam setiap saat dan harus ada tegangan setiap saat pula. Hal ini  harus di gunakan oleh perusahaan yang berkembang di bidang industri. Sehingga pabrik dapat terus beroperasi. Untuk mendapatkan supply daya ke beban tidak terputus ketika keadaan darurat (emergency) digunakan UPS yang beroperasi didasarkan modul transistor detector tenaga kurang yang disetting 85% - 90% dari tegangan normal. Dan start up diesel engine generator yang berkapasitas 760 KW sebagai back up beban emergency dengan sistem kontrol ATS/AMF ke unit emergency Urea, Ammonia, Utility.

 

Kata Kunci: Back up beban emergency, start up diesel engine generator

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Alga Bagas Setiawan & Ir, Agung Nugroho. 2017. Back Up Sistem Kelistrikan PLTGU PT. Indonesia Power UBP Semarang Dengan Start Up Diesel Generator 6,3KV dan 400V.

Bastian L Situmorang (2019) Membahas Studi Analisis Kualitas Daya Listrik Pada Automatic Tranfer Switch (ATS) Saat Peralihan Beban.

Imam Rachman Rafif & Trias Andromeda. 2018. Studi Sistem Automatic Tranfer Switch (ATS)-Automatic Main Failure (AMF) Pada Genset Emergency Wisma Widya Patra 3 Ngareng.

M. Naufal. 2019. Studi Penggunaan Emergency Diesel Engine Generator di PLTU UJP Pelabuhanratu.

Nomon Muranto, Atman & Zulfahri. 2018. Studi Peralihan Daya Listrik Dari PLN Ke Generator Set Ketika Terjadi Pemadaman Dari PLN Dengan Uninterruptible Power Supply Pada Hotel Grand Elite Pekanbaru.

PT. Pupuk Iskandar Muda, Toyo Engineering Coorporation, 1958. "Technical for Ammonia Plant", Japan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/tektro.v6i2.3737

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##