ANALISIS SISTEM KONTROL DAN INSTRUMENTASI PREHEATER PADA ENGINE DI PT. SUMBERDAYA SEWATAMA SUMBAGUT 2 PEAKER 250 MW

Fitri Febriana, Suprihardi Suprihardi, Fauzi Fauzi

Sari


Abstrak —Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) merupakan solusi atas pemenuhan energi listrik yang dibutuhkan oleh masyarakat. Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk diaktifkan dibandingkan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Mesin gas juga memiliki efisiensi pembakaran yang lebih tinggi dibandingkan mesin diesel. PLTMG memiliki sistem pendukung (Balance of Plants) yang bertujuan melancarkan proses kerja pembangkit dan menyalurkan limbah dari pembangkit untuk diolah kembali sehingga dapat dimanfaatkan kembali atau dibuang dengan cara yang benar agar tidak mencemari lingkungan. Preheating (Sistem Pemanasan Awal).  Satu sistem terakhir yang berkaitan dengan kelistrikan di dunia otomotif adalah sistem pemanasan awal. Pre Heating System atau sistem pemanasan awal digunakan untuk memanaskan udara yang akan masuk ke ruang bakar dengan tujuan mempermudah menghidupkan engine pada waktu udara sekeliling engine masih dingin, dipanaskan hingga temperature pada engine mencapai >50°C. Namun tak semua ruang bakar memiliki pemanas seperti ini, hanya beberapa ruang bakar saja yang sengaja dibuat dengan bentuk yang mendukung untuk pemanasan awal.

 

Kata Kunci: PLTMG, Preheating, PLTU


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku Panduan Pengoperasian Pembangkit Listrik Sumbagut 2 Peaker Power Plant 250 MW P/1702. ID Dokumen : DBAF456130 / 01.10.2019

Amalia R, dkk. 2020. Analisa Pengaruh Laju Alir Massa dan Temperature Udara Masuk Terhadap Performa Air Preheater.

Hidayat Saputra, Nazaruddin Nazaruddin. 2021. Studi Pengaturan Bahan Bakar Pada Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas Sumbagut 2 Peaker 250 MW.

Anis Rohaitin, Mulyono, Phypit Marisa. 2019. Analisis pengaruh pengganantian heating element terhadap kinerja air preheater type Ljungstrom di PLTU Jateng 2 Adipala 1 x 660 MW.

Howden. (2017). Air Preheater. Howden Hua Engineering Co.Ltd.

Anonim. 2020. Buku Panduan Pengoperasian Pembangkit Listrik Sumbagut 2 Peaker Power Plant 250 MW P/1702. PT. Sumberdaya Sewatama ID Dokumen : DBAF456130

Iskandar A. 2019. Preheating System. PT.Sumberdaya Sewatama Sumbagut 2 Peaker 250 MW




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/tektro.v6i2.3736

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##