ANALISIS PENEMPATAN ACCESS POINT JARINGAN WLAN MENGGUNAKAN ONE SLOPE MODEL DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE

Dina Wardiah, Hanafi Hanafi, Rachmawati Rachmawati

Sari


Abstrak Teknologi informasi dibidang transmisi yang berkembang saat ini salah satunya adalah wireless  LAN. WLAN merupakan jenis LAN yang dibangun dengan menggunakan teknologi komunikasi wireless yang menyediakan semua fitur yang diberikan oleh jaringan LAN berkabel (wired LAN). Penempatan Access point pada jaringan WLAN yang tepat sangat diperlukan untuk mendapatkan  kekuatan sinyal yang diterima dari pemancar terhadap user . Pada penelitian ini dilakuan pengukuran terhadap kekutan sinyal acsesspoint di gedung 1 dan gedung 2 Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe yang diukur menggunakan aplikasi inSIDDER dan perhitungan one slope model (1SM) hasil dari perhitungan one slope model berdasarkan parameter yang digunakan dapat dikategorikan kuat sinyal berada direntang range 75-100% pada propgasi LOS dan NLOS dikarnakan perhitungan one slope model hanya bergantung pada jarak. untuk pengukuan propagasi LOSdan NLOS dikategorikan direntang 40-74%  sinyal yang diterima cukup bagus dan dapat digunakan untuk pengiriman paket data yang dapat di andalkan. hasil analisis dapat membuktikan bahwa keadaan barrier mempengaruhi kekuatan sinyal yang diterima user.

Kata-kata kunci: Access Point , One Slope Model, WLAN

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

MUKTI, Fransiska Sisilia; SULISTYO, Danang Arbian. “Analisis Penempatan Access Point Pada Jaringan Wireless LAN STMIK Asia Malang Menggunakan One Slope Model”. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 13-22, nov. 2018.

Suparji, Fatoni, Ria Andryani ; “Optimasi Jaringan Wireless LAN Dengan One Slope Model (Studi Kasus: PT Adovelin Raharja Shipping)” . Bina Darma Conference on Computer Science Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Darma. https://conference.binadarma.ac.id/index.php/BDCCS/article/view/48/50.

Dina Angela, “Optimasi Jaringan Wireless LAN (Studi Kasus Di Kampus ITHB Bandung),”J. ITHB., vol. 6, no. 80, p. 8, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/tektro.v6i2.3733

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##