ANALISA KONTROL PI PADA PROSES KONTROL TEKANAN DENGAN METODE ZEIGLER-NICHOLS VESSEL 62-DA-201 PADA PT PUPUK ISKANDAR MUDA

Jannatul Makwa, Azhar Azhar, Arsy Febrina Dewi

Sari


High Pressure Decomposer merupakan vessel yang memisahkan kelebihan NH3 dari campuran reaksi dan mendekomposis ammonium karbamat menjadi NH3 dan CO2. Tekanan yang terjadi pada high pressure decomposer dihasilkan oleh ammonium karbamat yang masuk ke vessel, semakin banyak ammonium karbamat yang masuk maka semakin tinggi pula tekanan yang dihasilkan (>17 kg/cm2). Sistem pengendalian yang digunakan pada PT Pupuk Iskandar Muda adalah pengendalian PI (Proporsional plus Integral) dengan metode manual tuning. Pada penelitian ini akan dilakukan simulasi dengan cara membuat permodelan matematis pada plant untuk mendapatkan fungsi alih dan menggunakan sistem pengendalian PI (Proporsional plus Integral) menggunakan metode Ziegler-Nichols. Dari pengujian simulasi dan analisis, diketahui pada metode Ziegler Nichols dengan parameter Kp = (100), Ki = 20 menghasilkan performasi sistem berupa %Mp = 1,3%, tr = 1,976 detik, tp = 1,294 rad/s, dan ts = 5,689 detik dan menghasilkan respon sistem yang baik. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa metode Ziegler-Nichols merupakan metode pengendali PI yang ideal bagi sistem pengendalian tekanan pada high pressure decomposer (62-DA-201).

Kata-kata kunci: Simulasi, High Pressure Decomposer, Kendali PI dan Ziegler-Nichols

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI.

AA, Melkias, dkk. 2020. Evaluasi Kinerja High Pressure Decomposer, Jurusan Teknik Konversi Energi, Politeknik Negeri Bandung.

Kamal, Muhammad. “Dasar Sistem Kendali (Modul Ajar)”, Program Studi Instrumentasi dan Otomasi Industri Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe,2010.

Ogata, Katsuhiko. “Teknik Kontrol Automatik”. Terjemahan : Edi Leksono, Jilid 1.Jakarta: Erlangga,1996

Nur, Lefyana, Atika. 2017. “Studi Pengendalian Tekanan Gas Pada Ammonia Storage Tank 64-FB-2001 di PT Pupuk Iskandar Muda”, (Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Instrumentasi dan Otomasi Industri Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe).

Syakur, Muhammad Abdan. 2016. “Studi Pengendalian Tekanan Uap Pada Tangki Unit Urea Menggunakan Kendali PI Aplikasi Pada PT Pupuk Iskandar Muda”, (Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Instrumentasi dan Otomasi Industri Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe). karya tidak diterbitkan.

Muhammad, Fadli, dkk. 2018. Standart Operating Procedures Pabrik, Urea-2, PT Pupuk Iskandar Muda.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/tektro.v6i2.3724

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##