PERANCANGAN JARINGAN FIBER TO THE HOME (FTTH) DI DESA ASIR-ASIR DENGAN METODE LINK POWER BUDGET DAN RISE TIME BUDGET

Juliana Juliana, Muhammad Syahroni, Nasri Nasri

Sari


Abstrak- Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat modern khususnya di desa Asir-asir Takengon  yang biasa menggunakan internet sebagai media untuk mendapatkan informasi tentu saja perlu adanya perancangan jaringan Fiber To The Home (FTTH) dengan menggunakan  metode  perhitungan Link power budget, Rise time budget dan disimulasikan menggunakan optysistem.  Pada perancangan ini menggunakan tiga skenario. Sehingga hasil terbaik yang di peroleh dari ketiga skenario tersebut berdasarkan perhitungan untuk analisis power link budget adalah skenario ketiga dengan hasil loss terendah yaitu 13.27 dB, dan daya terima Pr tertinggi -8.27 dBm. Sedangkan berdasarkan simulasi di peroleh hasil terbaik  pada skenario ketiga dengan hasil loss terendah yaitu 19.69 dB, dan daya terima yang tertinggi adalah -14.69 dBm. Hasil rise time budget terbaik adalah skenario pertama dengan rise time terkecil sebesar 0.24 ns,  sehingga mampu melewatkan daya maksisimum sebesar 2,9 Gbps.   

Kata kunci - Link power budget, Rise time budget dan Fiber To The Home


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


https://www.ferryardiansyah.web.id/2020/05/Mengenal-Dasar-Dasar-Jaringan-ftth.html

Dias utari. 2017. “ Perancangan Fiber To The Home Di Perumahan Dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe”

Mirza rahmansyah (2017) Analisis Optical Power Budget Dan Rise Time Budget Pada Jaringan Fiber To The Home Berbasis Passive Optical network.

Indra Yauardi 2014 “Analisis Perancangan Jaringan Fiber To The Home” Jurnal,Unversitas Telkom Bandung

Farhan, dkk (2016). “ Analisis total loss redaman pada jaringen fiber to the home (FTTH) pada perumahan sarijadi bandung” jurnal Fakultas Teknik Elektro Telkom University.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/tektro.v4i2.2783

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##