STUDI PEMURNIAN MINYAK TRANSFORMATOR MENGGUNAKAN OIL TREATMENT PLANT PADA TRANSFORMATOR DAYA 29 MVA DI PT. PLN (PERSERO) PEMBANGKITAN NAGAN RAYA

Maulia Akbar, Subhan Subhan, Teuku Hasanuddin

Sari


AbstrakUnit Auxiliary Transformator (UAT) merupakan transformator yang digunakan  pembangkitan Nagan Raya yang letaknya di Suak Puntong, kuala Pesisir kabupaten Nagan Raya yang difungsikan  untuk pemakaian sendiri, PLTU Nagan Raya memiliki Kapasitas 110 MW x 2. Pada penelitian ini penulis  melakukan proses pemeliharaan minyak transformator yang merupakan peralatan listrik yang mahal, tetapi memiliki ketahanan yang lemah, sehingga sering terjadi kerusakan pada transfornator yang akan membuat sistem penyaluran energi listrik terputus, salah satu kelemahan pada transformator yaitu pada sistem isolasi sekaligus pendingin transformator, secara  berkala, maka minyak transformator harus diuji ketahanananya ,karena minyak transformator  harus bebas dari setiap bahan penghantar listrik dan harus mampu mencegah terjadinya panas yang berlebihan dan mempunyai daya isoiasi yang cukup besar, sehingga transformator dapat bekerja atau beroperasi sesuai yang  diinginkan.  Dari hasil pengujian minyak transformator yang ada di PT.PLN (Persero) Pembangkitan Nagan Raya dapat dilihat, pada minyak Unit Auxiliary Transformator sebelum dilakukannya purifikasi memiliki tegangan tembus 52.5 KV dan Pengujian DGA dengan nilai 5672 TDCG  sehingga masih dapat digunakan karena masih diatas standar tegangan tembus meskipun demikian namun tetap dilakukanya purifier minyak transformator supaya lebih bagus dan tahan lama. Setelah dilakukan purifier maka dilakukan pengujian DGA dan BDV dengan nilai tegangan tembus 84.3 KV dan pengujian DGA dengan nilai TDCG 77.  Maka minyak Unit Auxiliary transformator di PLTU Nagan Raya ini masih dapat digunakan lagi. 

Kata kunci— Transformator, Minyak, BDV, DGA


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku Petunjuk Batasan Operasi dan Pemeliharaan Peralatan Penyaluran Tenaga Listrik SKDIR 114.K/DIR/2010 Transformator Tenaga No.Dokumen: 01-22/HARLURPST/2009.

Zuhal. Dasar Teknik Tenaga listrik Dan Elektronika Daya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2000.Energy, T. (2014). Manajemen Perawatan Pembangkit, 5-7.

Kadir, and Abdul. Pembangkit Tenaga Listrik. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press), 2010.

Dedi Nugroho. "Kegagalan Isolasi Minyak Trafo."

Jurusan Teknik Elektro, 2010: 4.

Evaluasi Kandungan Air Terhadap Tegangan Tembus Pada Minyak Jarak Yang Telah Melalui Proses Transesterifikasi Sebagai Alternatif Minyak Transformator." Jurusan Teknik Elektro, 2014: 33.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/tektro.v4i2.2779

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##