RANCANG BANGUN ANTENA BIQUAD DENGAN REFLEKTOR GRID PARABOLIK UNTUK MENGOPTIMALKAN GAIN ANTENA PADA FREKUENSI 450 MHz

Maulana Putra, Amir D, Syamsul Syamsul

Sari


AbstrakOptimalisasi ketinggian titik fokus antena dapat merupakan hal yang menentukan pada karakteristik gain sebuah antena. Oleh sebab itu perlu dilakukan perhitungan dan eksperimen yang akurat, agar antena dapat dioperasikan secara maksimal. Dalam laporan penelitian tugas akhir ini, akan dibahas mengenai optimalisasi  ketinggian titik fokus untuk mendapatkan gain maksimum. Untuk memaksimalkan gain digunakan metode mengatur ketinggian titik fokus dengan  diameter serta lebar reflektor parabolik sebagai  parameter tetapnya. Antena Biquad reflektor grid parabolik pada penelitian ini bekerja pada frekuensi 450 MHz. Antena ini digunakan untuk aplikasi Internet pedesaan. Dari perhitungan diperoleh hasil gain sebesar 15,08 dBp pada ketinggian titik fokus 50 cm, sedangkan pada ketinggian lebih dari 50 cm, gain antena akan mengecil.  Pada Antena Biquad tanpa menggunakan reflektor didapatkan nilai gain sebesar 4,8 dBp. Gain antena terbaik yaitu sebesar 9,63 dB terjadi pada ketinggian titik fokus sebesar 50 cm. Karakteristik lainnya dari antena diketahui bahwa antena Biquad dengan reflektor grid parabolik mempunyai VSWR 1,11 dengan return loss sebesar -25,6 dB, sedangkan pada antena tanpa reflektor diperoleh VSWR sebesar 1,69 dengan return loss -11,8 dB. Impendansi antena tanpa reflektor diperoleh sebesar 84,58 Ω, sedangkan antena dengan reflektor grid parabolik diperoleh impedansi sebesar 55,48 Ω. Bandwidth antena Biquad tanpa reflektor diperoleh sebesar 129,65 MHz, sedangkan  bandwidth antena Biquad dengan reflektor grid parabolik diperoleh sebesar 304,92 MHz. Hasil tersebut menunjukkan bahwa reflektor grid parabolik memperbesar bandwidth. VSWR, dan menurunkan return loss serta memperbaiki impedansi.

 

Kata kunciAntena, Biquad, Optimalisasi, Titik Fokus.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mohamad Subchan, 2017, “Kinerja Router Pada Jaringan Nirkabel Untuk Penentuan Jarak Jangkauan Sinyal”, Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA), 2017.

Fakhrana Dhalfina, 2017, “Perancangan dan Realisasi Antena Biquad Yagi dan Antena Biquad Omnidirectional Sebagai Reapeater Pasif Untuk Meningkatkan Daya Terima Sinyal WCDMA”, e-Proceeding of Engineering, Vol.4, No. 3, Hal. 3363, Desember 2017.

Kraus, John D. (1988), “Antenas, 2^nd Edition”, McGraw- Hill, New York.

Edward N. Skomal, Albert A. Smith, Jr. “Measuring The Radio Frequency Environtment”.

Kraus, John D (2002), “ Antennas For All Aplications:Third Edition”, McGraw-Hill, Newyork




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/tektro.v4i2.2775

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##