RANCANG BANGUN ROBOT BOAT PEMUNGUT SAMPAH DI PERAIRAN WADUK LHOKSEUMAWE BERBASIS MIKROKONTROLER

Muhammad Mauliadi, Muhammad Basyir, Aidi Finawan

Sari


Abstrak- Dalam penelitian ini merancang sebuah robot boat Teleoperated yang dapat memungut sampah, dengan menggunakan conveyor sebagai alat untuk memungut sampah. Pada percobaan ini ada tiga jenis sampah yang dimaksud adalah seperti sampah pelastik, sampah kertas, sampah kaleng, dan lain-lain. Pada pengujian ini bertujuan untuk membantu manusia untuk melakukan pemungutan sampah yang telah menumpuk di perairan. Berdasarkan pengujian robot pemungut sampah tersebut, robot boat mampu mengangkat sampah secara terus menerus, apa bila sampah yang di angkat hanya satu lalu di depan conveyor tidak terdeteksi adanya sampah maka conveyor mati secara otomatis dengan hitungan waktu 10 detik, dan apabila terdeteksi adanya sampah terus menerus maka perhitungan akan kembali sampai sampah tidak terdeteksi lagi. Pada bak penampung, robot hanya mampu menampung sampah dengan berat 5Kg. Pengujian ini dilakukan mengaktifkan sensor laser, motor DC, conveyor, Modul relay, dan modul ESP8266. Dalam pengujian ini dilakukan untuk mengetahui semua rangkaian sistem yang telah bekerja sesuai fungsinya. Sistem kontrol dari program mikrokontroller robot pemugut sampah  berjalan dengan sempurna.

 

Kata Kunci - Robot Teleoperated , Sensor Laser, , Motor DC, Conveyor, Modul Relay, Modul ESP8266

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adlin Fakhrana . 2016 (Desember). "Pembuatan Prototype Robot Kapal Pemungut Sampah Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno Dengan Aplikasi Pengendali Berbasis Android", Jurnal Teknologi Rekayasa , Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma, hal 185-195.

Ketut Abimanyu. 2019 (April). Robot Perahu Pengangkut Sampah Berbasis Pengolahan Citra . Jurnal TELEKONTRAN, Kota Bandung, Jawa Barat, hal 25-41.

Nurul Aini. 2019 ( Maret). Rancang Bangun Prototype Alat Pemugut Sampah Otomatis Pada Pintu Air Waduk Lhokseumawe Berbasis Mikrokontroler. JURNAL TEKTRO, Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe, hal 34-39.

Suyatno Budiharjo , & Rola Setia Putra . 2016. Rancang Bangun Model Perahu Mini Robot Pembersih Sampah Di Sungai Menggunakan Android Berbasis Arduino Uno . Jurnal ICT Penelitian dan Penerapan Teknologi , Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta, hal.28-40




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/tektro.v4i2.2768

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##