RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI BANJIR DENGAN CURAH HUJAN DI DESA MATANGKULI KABUPATEN ACEH UTARA

Abdul Muhshi Maulana, Jamaluddin Jamaluddin, Muhaimin Muhaimin

Sari


Abstrak Peristiwa banjir menyebabkan kerugian harta benda dan dapat memungkinkan timbulnya korban jiwa atau juga dapat menimbulkan berbagai macam jenis penyakit yang berasal dari bencana banjir, Salah satu faktor penyebab banjir adalah minimnya pengetahuan tentang pemberitahuan dan informasi tentang bencana banjir atau mitigasi Bencana, mitigasi bencana banjir dapat memberikan informasi banjir bagi masyrakat, tujuan dari penelitian ini untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi akan terjadinya banjir dengan menggunakan sensor curah hujan dan Water level ,dimana Pada saat hujan turun dan mengenai sensor curah hujan maka switch dari sensor curah hujan akan bergerak bolak balik dan memberikan output berbentuk pulsa yang dapat dihitung oleh arduino, untuk data high/ low menjadi jumlah gerakan switch (menghitung banyaknya switch terhubung setiap/ 10 detik), jika switch bergerak bolak balik selama 20 kali tanpa berhenti maka akan keluar indikasi “hujan deras” Pada saat hujan turun Sensor water level yang terhubung ke input mode pada arduino dan dibaca dengan digital yaitu low / high, dimana sensor level air merupakan sensor yang dapat memberikan logika high ( 5 volt / logika 1) jika tersentuh air, dan sebaliknya akan memberikan logika low ( 0 volt/ ground ) jika tidak tersentuh air yang artinya apabila terkena air sungai pada level air yang telah ditentukan maka buzzer akan menyala dan mengeluarkan indikasi “Air Meluap”. Pada Pengujian pendeteksi banjir dengan menggunakan sensor water level dan Sensor curah hujan yang  terhubung ke input mode pada arduino yang telah ditentukan, kemudian switch sensor Curah hujan bergerak bolak balik selama 20 kali tanpa berhenti dan air di sungai mengenai sensor level water maka buzzer akan menyala dan mengeluarkan indikasi.

 

Kata Kunci- Buzzer, water level, indikasiI, curah hujan, banjir.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gsm, B., Arduino, S. D. A. N., Sintia, W., Hamdani, D., Risdianto, E., Studi, P., Pendidikan, S., Fkip, J., Bengkulu, U., & Supratman, J. W. R. (2018). Rancang Bangun Sistem Monitoring Kelembaban Tanah dan Suhu Udara. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2), 60–65.Electric, S. (2018). Premium using EcoStruxure TM Control Expert.

Muzakky, A., Nurhadi, A., Nurdiansyah, A., & Wicaksana, G. (2018). Perancangan Sistem Deteksi Banjir Berbasis IoT. Perancangan Sistem Deteksi Banjir Berbasis IoT, 12(September), 660–667.

Rosyidie, A. (2013). Banjir : Fakta dan Dampaknya , Serta Pengaruh dari Perubahan Guna Lahan. 24(3)




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/tektro.v4i2.2765

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##