STUDI PENGENDALIAN TEKANAN GAS PADA AMMONIA STORAGE TANK (64-FB-2001) DI PT PUPUK ISKANDAR MUDA

Atika Lefyana Nur, Azhar Azhar, Muhaimin Muhaimin

Sari


Abstrak—Pengendalian tekanan gas pada proses penyimpanan ammonia di ammonia storage tank (64-FB-2001) sangat dibutuhkan agar tangki penyimpanan tetap aman dari kerusakan. Sistem pengendalian yang digunakan pada PT Pupuk Iskandar Muda adalah pengendalian PI (Proporsional plus Integral) dengan metode manual tuning. Pada penelitian ini akan dilakukan simulasi dengan cara membuat permodelan matematis pada plant untuk mendapatkan fungsi alih dan menggunakan sistem pengendalian PI (Proporsional plus Integral) menggunakan metode Ziegler-Nichols. Dari hasil pengujian dan analisis, diketahui ketika nilai parameter Kp = 225, Ki = 10,483 akan menghasilkan tanggapan sistem berupa lewatan maximum (maximum overshoot) sebesar 20%, pada waktu puncak (peak time)  538 detik, waktu naik (rise time) = 53,555 detik, dan waktu penetapan (settling time)  133,779 detik. Dan Ketika nilai Kp = 22,5 dan Ki = 0,471, tidak terjadinya lewatan maksimum (Maximum Overshoot) dan waktu naik (Rise Time) selama 261,7 detik serta waktu penetapan (Settling Time) pada saat 500 detik. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa metode Ziegler-Nichols merupakan metode pengendali PI yang ideal bagi sistem pengendalian tekanan gas pada ammonia storage tank (64-FB-2001).

 

Kata Kunci : Ammonia Storage Tank, Kendali PI dan Ziegler-Nichols

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Iswanto. 2016. “Studi Pengendalian Level Steam Drum 62-FA-102 Menggunakan PID Aplikasi PT Pupuk Iskandar Muda”, (Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Instrumentasi dan Otomasi Industri Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe). karya tidak diterbitkan.

Kamal, Muhammad. “Dasar Sistem Kendali (Modul Ajar)”, Program Studi Instrumentasi dan Otomasi Industri Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe,2010.

Ogata, Katsuhiko. “Teknik Kontrol Automatik”. Terjemahan : Edi Leksono, Jilid 1. Jakarta: Erlangga,1996

Pratomo, Anggit Vektor. 2012. “Perancangan Pengendali PID Pada Pressure Process RIG (38-714) Berbasis Mikrokontroller AVR ATMega8535”. Jurnal Teknik Ftup, Volume 25, No.2, Page 106.

Prayoga, Arya Dwi. 2012. “Perancangan sistem Pengendalian Tekanan Laju Aliran Untuk Kebutuhan Refueling System pada DPPU Juanda-Surabaya”. Jurnal Teknik Pomits, Volume 1, No.1, Page 1.

Puspaningrum, Desy Kurnia. “Analisis Kestabilan Pengandalian Temperature Pada Top Kolom Fraksinasi Di Kilang Pusdiklat Migas Dengan Kriteria Kestabilan Nyquist”. Forum Teknologi, Volume 5, no.4, page 58.

Syakur, Muhammad Abdan. 2016. “Studi Pengendalian Tekanan Uap Pada Tangki Unit Urea Menggunakan Kendali PI Aplikasi Pada PT Pupuk Iskandar Muda”, (Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Instrumentasi dan Otomasi Industri Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe). karya tidak diterbitkan.

Utomo, Nyulio Budi. 2012. “Perancangan Sistem Pengendalian Tekanan Dan Laju Aliran Pada Pipa Bahan Bakar Untuk Kebutuhan Awal Pembakaran Gas Turbin di Pembangkit Listrik Tenaga Uap”. Jurnal Teknik Pomits, Volume 1, No.1, Page 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/tektro.v1i1.1432

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##