RANCANG BANGUN PEMISAH BENDA LOGAM DAN NON LOGAM MENGGUNAKAN ELEKTRO PNEUMATIC

Turhamum Turhamum, Azhar Azhar, Aidi Finawan

Sari


Abstrak Di dunia industri pemanfaatan teknologi kendali elektro-pneumatik merupakan sistem kontrol yang diarahkan untuk mengendalikan sistem produksi. Salah satu contoh industri yang memerlukan efisiensi waktu dan tenaga adalah industri yang memerlukan pemilahan produk berbahan logam dan produk berbahan non logam. seperti pada pemilahan produk minuman kaleng (bahan logam) dan minuman kotak (bahan non logam). Dalam pemilihan segmen untuk pemasaran pada produk yang tidak sejenis memerlukan banyak sarana belt konveyor untuk membawa produk tersebut dari unit produksi ke unit pengemasan. Dalam penelitian ini dirancang alat yang dapat memisahkan benda logam dan benda non logam pada sebuah belt konveyor dengan pemanfaatan sistem pneumatik sebagai pemisah benda berbasis PLC. Tujuan dari penelitian adalah menghasilkan suatu metode pengendalian pemisahan benda logam dan non logam sistem pada belt conveyor dengan sistem pneumatik. Sistem terdiri dari sensor inductive proximity, capacitive proximity dan tombol ON/OFF sebagai input serta katup dengan operasi solenoid ganda dan relay untuk pengendalian output motor DC. Prinsip kerjanya PLC akan membaca input dengan sensor dan mengatur output sesuai program yang dibuat yaitu memisahkan benda logam dan non logam dengan pneumatik. Hasil pengamatan didapat bahwa prototype bekerja dengan baik jika diberi debit angin  Liter/Menit dan tekanan angin 6 bar pada sistem pneumatik.

 

Kata Kunci:  Logam, Non Logam, PLC, Inductive Proximity, Capacitive Proximity

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Yang Wenjuan, Zhang Xuhui, dan Ma Hongwei. 2016. An Inspection Robot using Infrared Thermography for Belt Conveyor. 13th International Conference on Ubiquitous Robots and Ambient Intelligence (URAl), IEEE.

Suhartono, et al, 2012, Memasang Instalsi PLC, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, Jakarta.

Said H. 2012. Aplikasi PLC dan Sistem Pneumatik pada Manufaktur Industri. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Anonymous 6, 2015, Sensor, (http://www.geyosoft.com) diakses 2 Mei 2017).

Antoni Akhmad. Perancagan Simulasi Sistem Pergerakan Dengan Pengontrolan Pneumatik Untuk Mesin Pengamplas Kayu Otomatis. Jurnal Rekayasa Sriwijaya No. 3, Vol . 18 (2009).

Anhar khalid dan H. Raihan. Rancang Bangun Simulasi Sistem Pneumatik Untuk Pemindah Barang. Jurnal INTEKNA, No. 1 Vol. 16 (2016).

Johannes Schrimpf. 2016. Automated Sewing Using Conveyor Belts. Emerging Technologies and Factory Automation (ETFA), 21st International Conference on. IEEE.

Riccy Kurniawan. Rekayasa Rancang Bangun Pemindahan Material Otomatis Dengan Sistem Elektro-Pneumatik. Jurnal Ilmiah teknik mesin CAKRAM No. 1 Vol. 2 (2008).




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/tektro.v1i1.1421

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##