ALTERNATIF PENGGUNAAN ALAT BERAT PADA PROYEK PENGASPALAN JALAN PAMEU – SIMPANG UNING ACEH TENGAH

Indriya Azuar, Zulfikar Zulfikar, Tursina Tursina

Sari


Penggunaan alat berat dalam pekerjaan konstruksi sangat diperlukan untuk membantu mempermudah dan mempersingkat waktu pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efisiensi dan produktivitas alat berat yang digunakan pada pekerjaan pengaspalan Proyek Preservasi Jalan Pameu-Simpang Uning Aceh Tengah. Metode yang digunakan adalah dengan menghitung produktivitas alat berat yang paling efisien dengan merencanakan 3 skenario alternatif pengujian yaitu Alternatif 1 (data eksisting lapangan), Alternatif 2 (kondisi alat second dan baik) dan Alternatif 3 (kondisi alat baru dan baik). Total harga yang diperoleh dari maisng-masing alternatif dibandingkan dan dianalisis kelebihan dan kekurangannya, sehingga dapat ditentukan alternatif mana yang paling efisien untuk pekerjaan pengaspalan. Hasil dari penelitian ini diperoleh untuk pekerjaan lapis perekat (tack coat) yang biaya nya lebih rendah terdapat pada Alternatif 3, dengan harga total pekerjaan yaitu Rp 110.364.311,00. Pekerjaan laston lapis antara (AC-BC) dipilih Alternatif 2, dengan harga total pekerjaan yaitu sebesar Rp 4.376.178.501,00 dan pada pekerjaan (AC-WC) dipilih Alternatif 2, dengan harga total pekerjaan yaitu Rp 1.613.066.631,00. Kelebihan dan kekurangan dari ketiga alternatif adalah: Alternatif 1, prduktivitas rendah dengan biaya pasti per jam kerja rendah dan biaya operasi per jam kerja tinggi; Alternatif 2, produktivitas tinggi, biaya pasti per jam kerja tinggi dan biaya operasi per jam kerja sedang; Alternatif 3, produktivitas tinggi dengan biaya pasti per jam kerja tinggi, biaya operasi per jam kerja rendah. Pilihan Alternatif yang paling tepat digunakan pada pekerjaan pengaspalan Proyek Preservasi Jalan Pameu-Simpang Uning Aceh Tengah adalah Alternatif 3 untuk pekerjaan lapis perekat (tack coat) serta Alternatif 2 untuk pekerjaan laston lapis antara (AC-BC)  dan pekerjaan laston lapis aus (AC-WC).

 

Kata kunci : alat berat, produktifitas dan efesiensi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bejasekto, S. (2020). Analisis Produktivitas Alat Berat Pada Jalan Impeksi Opas Indah (Analysis Of Productivity Needs For Heavy Equipment In The Road Of Inspection

Opas Indah). In Tugas Akhir Analisis. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12129

Indotrading. (2009). Diakses pada 12 April 2023 dari https://www.indotrading.com/

Kementrian Pekerjaan Umum, 2010, Menteri Faktor Efisiensi Kerja Alat. Pekerjaan Umum. Jakarta Selatan.

Nugraha, D., Iriana, R. T., & Djuniati, S. (2017). Analisis Biaya Dan Produktivitas Pemakaian Alat Berat Pada Kegiatan Pembangunan Jalan Akses Siak IV Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Riau, 5(1), 1–10.

Nur, Z. S. (2021). Pekerjaan Perkerasan Proyek Lanjutan Peningkatan Jalan Jungka Gajah – Pulo Blang Kecamatan Meurah Mulia.

Oto. (2015). Diakses pada 12 April 2021 dari https://www.oto.com/

Permen PUPR No.28. 2016. Pedoman Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Bidang Pekerjaan Umun. Jakarta

Proyek Preservasi Jalan Pameu-Sp.Uning. 2021. Rencana Mutu Kontrak Proyek Preservasi Jalan Pameu-Sp. Uning. Takengon : PPK 3.2 Provinsi Aceh

Rostiyanti, SF, tahun 2002, Alat Berat Untuk Proyek Kontruksi : Rineka Cipta, Jakarta

Rochmandi.1989. Alat-alat Berat dan Penggunaannya (cetakan III). Badan Penerbit Pekerjaan Umum.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)