ANALISIS KINERJA LALU LINTAS AKIBAT PARKIR DI BADAN JALAN

Beurahmat Meurah Alam, Mulizar Mulizar, Ibrahim Ibrahim

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi kemacetan yang diakibatkan aktivitas parkir pada badan jalan di ruas jalan Pangeran Diponegoro depan Pasar Atjeh. Kota Banda Aceh yang seharusnya diperuntukkan bagi kelancaran arus lalu lintas, tetapi pada kenyataannya di jalan ini terjadi pengurangan lebar jalur lalu lintas efektif akibat aktivitas parkir badan jalan, sehingga kelancaran arus lalu lintas terganggu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak parkir pada badan jalan terhadap kinerja lalu lintas dan mencari upaya pengendalian parkir pada badan jalan di lokasi penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengamatan langsung di lokasi penelitian dan pengambilan data di lapangan berupa data volume parkir, volume lalu lintas, serta kinerja ruas jalan. Pengamatan dilakukan 3 minggu yaitu pada hari minggu dan senin. Hasil penelitian diperoleh bahwa parkir mengakibatkan terjadinya penurunan kinerja lalu lintas. Hubungan volume lalu lintas dan parkir pada hari minggu memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,46. Namun, pada hari senin, korelasi antara parkir dan volume lalu lintas sangat rendah, hanya sebesar 0,02, yang mengindikasikan bahwa tidak tedapat hubungan yang signifikan. Dan kecepatan kendaraan pada saat terdapat 49 kendaraan yang parkir, kecepatan yang awalnya 30,78 km/jam menurun menjadi 18,54 km/jam ketika jumlah parkir mencapai 102 kendaraan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa parkir badan jalan mengakibatkan penurunan kinerja ruas jalan.

 

Kata Kunci : Parkir badan jalan, kinerja jalan, volume lalu lintas, kecepatan

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Ismanto. 2008. Parkir Dalam Sistem Transportasi. Skripsi Sarjana Universitas Diponegoro. Surabaya.

Ansyori, Alik, 2006 dalam Desi Puspitasari, 2016. Rekayasa Lalu Lintas edisi Revisi Cetakan Kedua. Malang: UMM Press.

Departemen Perhubungan. 1994. Keputusan Menteri Perhubungan No. KM 4 Tahun 1994 tentang Tata Cara Parkir Kendaraan Motor di Jalan. Jakarta.

Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota. (1998). Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Jakarta. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Direktorat Jenderal Bina Marga Direktorat Bina Jalan Kota (BINKOT). 2014. “Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI)”. Jakarta.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. (1996) Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jakarta. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Hobbs, F. D. Perencanaan Dan Teknik Lalu Lintas. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

MKJI, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta. 1997.

Ofyar S. Tamin. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Oglesby, C.H. dan Hicks, R.G., (1993), Teknik Jalan Raya, Jilid I, Edisi Keempat.

Peraturan Menteri Perhubungan No. K 14 Tahun 2006 Tentang Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas Jalan.

Peraturan Pemerintah No.43 Tahun 1993 Tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan.

Warpani, Suwarjoko. 1990. Merencanakan Sistem Pengangkutan. Institut Teknologi Bandung. Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)