PENGARUH SUBSTITUSI LIMBAH PLASTIK STYROFOAM TERHADAP PARAMETER MARSHALL DAN DURABILITAS BETON ASPAL AC – WC

Elsa Fahira, Syarwan Syarwan, Teuku Riyadhsyah

Sari


ABSTRAK

Styrofoam dengan nama ilmiah Expanded Polystyrene (EPS) merupakan jenis polimer plastik yang bersifat termoplastik yang mana jika dipanaskan akan menjadi lunak dan mengeras kembali jika telah dingin sehingga Styrofoam dapat berfungsi sebagai perekat. Pada penelitian ini limbah plastik Styrofoam digunakan sebagai substitusi untuk mengetahui nilai Parameter Marshall dan Durabilitas pada lapisan perkerasan Asphalt Concrete – Wearing Course (AC – WC). Metode penelitian menggunakan Standar RSNI M-01-2003. Substitusi limbah plastik Styrofoam dengan persentase variasi 0%, 5% dan 10%. Pemadatan benda uji dilakukan dengan tumbukan 2 × 75 tiap permukaan untuk lalu lintas berat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pengujian seluruhnya tanpa campuran dan dengan substitusi limbah plastik Styrofoam memenuhi persyaratan pengujian Marshall untuk nilai stabilitas, VMA, VFB, MQ dan Density. VIM dan flow tidak memenuhi persyaratan spesifikasi. Pada persentase campuran limbah plastik Styrofoam 0%, nilai stabilitas, flow, VMA, VIM, VFB, MQ dan Density memenuhi persyaratan spesifikasi. Pada persentase campuran limbah plastik Styrofoam 5% dan 10%, nilai stabilitas, VMA, VFB, MQ dan Density memenuhi persyaratan spesifikasi, sedangkan nilai VIM dan nilai flow tidak memenuhi persyaratan spesifikasi. Nilai durabilitas atau stabilitas sisa pada persentase campuran limbah plastik Styrofoam 0% memenuhi persyaratan spesifikasi, sedangkan pada persentase campuran limbah plastik Styrofoam 5% dan 10% tidak memenuhi persyaratan spesifikasi, yaitu Min. 90%.

 

Kata Kunci : Styrofoam, AC – WC, Marshall, Durabilitas.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Adly, Emil. 2016. Styrofoam sebagai Pengganti Aspal Penetrasi 60/70 dengan Kadar 0%, 6,5%, 7,5% dan 9,5% pada Campuran AC – WC. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta.

Anonim. 2019. Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat – Direktorat Jendral Bina Marga, Spesifikasi Umum 2018 untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan (Revisi 1), Dirjen Bina Marga Nomor 06/SE/Db/2019. Jakarta.

Maulana, Kevin. 2019. Pengaruh Penambahan Styrofoam Terhadap Karakteristik Campuran Aspal AC – WC. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Mujiarto, I. 2005. Sifat dan Karakteristik Material Plastik dan Bahan Additif, Traksi Volume 3 Nomor 2.

Sitanggang, Yasinta Lisna. 2010. Pengaruh Penggunaan Styrofoam sebagai Bahan Tambah terhadap Karakteristik Beton Aspal. Universitas Atma Jaya. Yogyakarta.

Soehartono. 2014. Teknologi Aspal dan Penggunaan dalam Konstruksi Perkerasan Jalan. Penerbit: Andi. Yogyakarta.

Sukirman, Silvia. 1992. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Penerbit: Nova. Bandung.

Sukirman, Silvia. 2003. Beton Aspal Campuran. Penerbit: Nova. Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)