PENGGUNAAN BAHAN TAMBAHAN FLY ASH SEBAGAI STABILISASI TANAH LEMPUNG DENGAN METODE PEMADATAN MODIFIED TERHADAP DAYA DUKUNG TANAH LEMPUNG

Muhammad Rizkyansyah Siregar, Gusrizal Gusrizal, Hanif Hanif

Sari


ABSTRAK

Tanah memiliki sifat–sifat buruk yang dapat mengganggu suatu konstruksi jalan seperti mempunyai indeks plastisitas yang tinggi, kembang susut relatif besar dan nilai CBR rendah. Salah satu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan daya dukung tanah adalah dengan cara stabilisasi menggunakan bahan aditif abu batu bara. Jenis tanah yang menjadi objek penelitian ini berasal dari Jalan Elak Krueng Mane – Alue Awe KM 272 Desa Alue Awe. Pengujian yang dilakukan meliputi sifat fisis dan sifat mekanis yaitu pemadatan modified dan CBR Laboratorium. Komposisi masing-masing bahan aditif adalah 5%, 10%, 15% dan 20% dengan masa pemeraman 1 hari. Kedua bahan ini masing-masing dicampurkan pada tanah lempung secara terpisah untuk mengetahui pengaruh terhadap daya dukung, kemudian hasilnya dibandingkan dengan tanah asli. Hasil penelitian menunjukkan abu batu bara dapat memperbaiki sifat fisis dan sifat mekanis tanah lempung. Pada pemadatan modified semula gd 1,29 gr/cc terjadi peningkatan 1,47 gr/cc, demikian juga dengan w optimum semula 35,80% terjadi penurunan 24,90%. Pada pengujian CBR unsoaked semula nilai CBR adalah 20,00% setelah diperam selama 1 hari terjadi peningkatan hingga 35,5%, dan nilai pengujian CBR soaked tanah asli 6,0% terus mengalami peningkatan sampai nilai CBR 15%, ternyata pada nilai CBR 20% terjadi penurunan sampai 4,9%. Pemakaian aditif abu batu bara dapat meningkatkan daya dukung seiring bertambahnya persentase campuran.

 

Kata kunci: Tanah Lempung, Abu Batu Bara, CBR.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Craig R. F. 1994. Mekanika tanah. erlangga: Jakarta.

Das M, Braja. 1988. Mekanika tanah. erlangga: Jakarta.

Hardiyatmo, Hary Christady. 1992. Mekanika tanah 1. Gramedia Pustaka Utama: Kimpraswil: Jakarta.

Hardiyatmo, Hary Christady. 2010. Stabilisasi tanah untuk perkerasan jalan Jakarta. Gadjah Mada University Press : Jakarta.

NSPM Kimpraswil. 2002. Metode, spesifikasi dan tata cara. Balitbang Kimpraswil: Jakarta.

Sukirman, Silvia. 1999. Perkerasan lentur jalan raya. Malang, Jawa Timur.

Supardin, 2012. Penuntun dan lembar kerja praktikum pengujian tanah. Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe: Lhokseumawe.

Van Gobel, Chairunnisa. 2010. Pemanfaatan fly ash batu bara sebagai bahan stabilisasi terhadap daya dukung tanah lempung. Universitas Islam Indonesia: Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)