Kajian perlakuan serat sabut kelapa terhadap sifat mekanis komposit epoksi serat sabut kelapa

Indra Mawardi, Azwar Azwar, Amir Rizal

Abstract


Komposit adalah gabungan dari dua atau lebih material berbeda yang terdiri dari fiber dan matriks, penelitian ini menggunakan serat (fiber) serat sabut kelapa, dan matrik yang digunakan yaitu Epoxy Resin dan Epoxy hardener dengan merk Eposchon,  dengan  perbandingan  30:70.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perlakuan serat sabut kelapa terhadap sifat mekanik dan juga untuk mengetahui nilai beban kejut dan beban lentur komposit epoksi yang berpenguat serat sabut kelapa yang mengalami perlakuan.  Pada  penelitian  ini  peneliti  mengkaji kekuatan Impak dan Bending dari komposit serat sabut kelapa, dan pengaruh perendaman  serat  dalam  larutan  Alkali  (NaOH)  5%  selama  5  jam,  serta  blender dengan variasi waktu 10 menit, 20 menit, dan 30 menit. Standar pengujian Impak menggunakan   standar   ASTM   E   23,   sedangkan   untuk   pengujian   Bending menggunakan standar ASTM D 790. Berdasarkan hasil dari kesimpulan yang didapat dari pengujian material komposit yang mempunyai harga Impak tertinggi yaitu komposit dengan perlakuan blender 10 menit yaitu sebesar 0.02 J/mm. Sedangkan untuk pengujian Bending mempunyai kekuatan bending tertinggi yaitu komposit dengan perlakuan blender 30 menit yaitu sebesar 88.68 Mpa.

 

Kata kunci : Komposit, serat sabut kelapa, resin epoxy, perlakuan mekanis, uji impak, uji bending

References


Diharjo, K. Triyono, T. 2000. Material Teknik, Buku Pegangan Kulah. UNS Press.Surakarta.

Herlina, S. N. Dkk. 2011. Ketahanan Bending Komposit Hybrid Serat Batang Kelapa/Serat Gelas Dengan Matrik Urea Formaldehyde. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Cakra.M. Volume. 5, No. 1 : 91 – 97.

Made, A. I. Dkk. 2013. Sifat Mekanis Poiyester dengan penguat Serat Sabuk Kelapa. Jurnal Energi dan Manufaktur. Volume. 6, No. 2 : 115 – 122.

Musanif, I.S. Dkk. 2014. Pengaruh Perlakuan Alkali Terhadap Wettability pada Komposit Serat Sabut Kelapa – Polyster. Jurnal Teknik Mesin Politeknik Negeri Manado. Volume.12, No. 2 : 127 - 133.

Oroh, J. Dkk. 2013. Analisis Sifat Mekanik Material Komposit dari Serat Sabut Kelapa. Jurnal Teknik Mesin, Universitas Sam Ratulangi Manado. Volume 1 :1 – 10.

Saputra, Zul. 2015. Kajian Komposit Epoksi Berpenguat Serat Sabut Kelapa Terhadap Beban Kejut. Program Sarjana. Politeknik Negeri Lhokseumawe. Lhokseumawe.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jpl.v15i1.369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment



 

   

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.