ANALISA KINERJA BUTTERWORTH LOW PASS FILTER DALAM MEREDUKSI NOISE PADA CITRA DIGITAL

Indrawati Indrawati

Abstrak


Infomasi berupa citra sering mengalami gangguan, gangguan tersebut dinamakan noise. Ada dua tipe noise yang dipilih pada penelitian ini, diantaranya, noise Salt and paper dan noise Gaussian. Kedua noise tersebut memiliki karakteristik yang unik, Pada penelitian akan diamati kinerja Butterworth Low Pass Filter untuk mereduksi kedua noise tersebut. Dari hasil pengujian diketahui bahwa kinerja terbaik filter dalam mereduksi noise Salt and paper terjadi pada frekuensi 100 Hz sampai 400 Hz, sedangkan pada noise Gaussian kinerja terbaik filter terjadi pada frekuensi 1100 Hz sampai 1500 Hz. Proses pengolahan citra menghasilkan PSNR terbesar pada noise Salt and paper dengan nilai 25,05 dB dengan penurunan noise sebesar 6370, sementara PSNR pada noise Gaussian bernilai 23,95 dengan penurunan noise sebesar 9526,9 dB. Hal ini menunjukkan bahwa kuantitas warna pada kedua citra jauh lebih besar dari noisenya, karena citra hasil pengolahan memiliki kualitas citra yang hampir sama dengan citra aslinya, sehingga dapat disimpulkan bahwa kinerja Butterworth Low Pass Filter dalam mereduksi noise sangat baik.

Keyword: Citra, filter, performance, reduksi, noise 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustinus S. dan Dwi Aryanti, 2013, Simulasi & Analisis Perbaikan Citra Digital Domain Frekuensi dengan Transformasi Fourier, REKA ELKOMIKA, Vol 1 No. 2.

Erna Z.A, 2010, Transformasi Fourier Untuk Pengingkatan Kualitas Citra, Techno .Com, Volume: 9, No:1, Februari 2010.

Gilang J., 2014, Perancangan Aplikasi Reduksi Noise Pada Citra Digital Dengan Metode Vector Median Filtering (Vmf), Pelita Informatika Budi Darma, Vol VIII, No. 2.

Mukhamad N., 2010, Metode Kecerahan Citra Kontras Citra dan Penajaman Citra Untuk Peningkatan Mutu Citra, Sains dan Teknologi, Vol 3, No. 1.

Maziyah, M. dan Andy, N, 2007. Implementasi VB 6.0 Pada Face Detection Berbasis Image Processing Untuk Sistem Identifikasi, Jurnal Fisika dan Aplikasinya Vol 3, No. 2.

Rinaldi M. 2014, Pengolahan citra digital dengan pendekatan algoritmik, Penerbit Informatika.

Wajiansyah, Agusma, & Subir, 2011, Desain Filter Aktif Low Pass Butterworth. Dielektrika, ISSN 2086-9487 Vol. 2, No. 2.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Sains dan Teknologi Reaksia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved
web
analytics