Sistem Monitoring Panel Hibrida PLN dan PLTS Berbasis IoT (Internet Of Things)

Muhammad Khalidi, Atthariq Atthariq*, Fachri Yanuar Rudi F

Sari


Pemantauan terhadap performa panel hibrida PLN dan PLTS sangat perlu dilakukan untuk menilai kinerja sebuah panel surya pada kondisi lingkungan yang nyata. Penelitian ini bertujuan memberikan suatu teknik baru pemantauan secara langsung dan real time untuk arus, tegangan dari kualitas cuaca. Untuk memenuhi keperluan tersebut, sistem monitoring performa panel hibrida yang dirancang dilengkapi dengan sensor pengukur arus dan tegangan yang telah dikalibrasi, Sistem pengirim data dengan menggunakan internet yang diintegrasikan ke sistem android dengan aplikasi Blynk. Perancangan sistem berbasis mikrokontroler NodeMCU ini dihubungkan ke komputer melalui modul Wi-Fi ESP8266 pada NodeMCU dengan komunikasi UART dan metode pengiriman UDP. Hasil dari sistem monitoring ini adalah pengukuran dari setiap sensor dapat diproses secara langsung dan ditampilkan dalam bentuk gauge, grafik dan display text pada kondisi real time serta dapat memonitor performa tersebut dari jarak jauh melalui internet. Adapun hasil dari penelitian ini dengan menggunakan metode QOS (quality of service) perancangan alat sistem monitoring panel hibrida PLN dan PLTS berbasis IOT (Internet of things) berjalan dan berkerja dengan baik serta memperoleh nilai 3,8 – 4 dengan persentase keberhasilan alat dan sistem 95 s/d 100 %.

Teks Lengkap:

XML

Referensi


Abit duka, E. T., Setiawan, I. N. dan Ibi weking, A. (2018) ‘Perencanaan pembangkit listrik tenaga surya hybrid pada area parkir gedung dinas cipta karya, dinas bina marga dan pengairan kabupaten badung’, jurnal spektrum,5(2),p.67.doi:10.24843/spektrum.2018.v05

Abdillah, H. (2018) ‘Pemanfaatan sistem pembangkit hybrid dengan kendali supply beban’, 02(01), pp. 59–64.

Efendi,Y. (2018) ‘Internet of things (Iot) sistem pengendalian lampu menggunakan raspberry Pi berbasis mobile’, jurnal ilmiah ilmu computer.

Suhervan. 2010. Analisis Penerapan QOS (Quality Of Service) pada jaringan fram Relay Menggunakan Cisco Router. Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Wulandari, Rika. 2016. Analisis QOS (Quality of Service) pada Jaringan Internet (Studi Kasus: UPT Loka Uji Teknik Penambangan Jampang Kulon – LIPI).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882