PELATIHAN PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH UNTUK PEMBUATAN ANIMASI PEMBELAJARAN BAGI GURU SMK NEGERI 5 LHOKSEUMAWE

Muhammad Nasir, Muhammad Arhami, Hari Toha Hidayat, Mursyidah .

Sari


Proses dalam kegiatan belajar – mengajar bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Seorang guru di Sekolah akan memberikan materi pembelajarannya dengan sebaik mungkin dan sedetail mungkin dengan harapan siswa yang diajarnya bisa mengerti dari materi yang disampaikan. Siswa terkadang sering mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh gurunya. Hal ini terjadi, karena tidak semua siswa memiliki kemampuan yang sama dalam menyerap materi yang diberikan oleh gurunya. Sistem pembelajaran diharapkan sesuai dengan PP No. 19 tentang SNP tahun 2005 yakni proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi, siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. Berdasarkan hasil penilaian pre test kepada peserta diketahui bahwa para peserta sudah memiliki pengetahuan dasar tentang desain animasi. Pengetahuan diperoleh dari media internet. Dengan nilai tertinggi 67 dan nilai terendah 50. Adapun setelah kegiatan pelatihan peserta kembali diberikan tes. Tujuan pemberian tes ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan peserta dalam bidang desain animasi. Dan hasil berdasarkan nilai post test terendah 78 dan tertinggi 100.
Kata kunci: pembelajaran, interaktif, inspiratif, motivasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fredy, T.M Panggabean & Ramlan Silaban. 2009. “Pengaruh Penggunaan Media Animasi

Komputer Terhadap Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia”. Medan. Diakses tanggal 2 Februari 2018

http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Article-23790-Freddy-Unimed.pdf.

Kadek, Sukiyasa & Sukoco. 2013. “Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif”. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 1. Yogyakarta. journal.uny.ac.id. Diakses tanggal 2 Februari 2018

Yanti, Febi Devi, dkk. 2012. “Pengaruh Penggunaan Animasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Padang Gelugur Kabupaten Pasaman”. Padang. jurnal.stkip-pgri-sumbar.ac.id. Diakses tanggal 2 Februari 2018

Dalyono Dalam Aprila Hayat, (2002), “Hubungan Interaksi Antara Guru Dengan Siswa Dalam PBM Terhadap Prestasi Belajar Fisika”., Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan

Akhmad, 2014. “Manfaat dan Kegunaan Software Macromedia Flash”. Andi Offset, Yokyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v2i2.724

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 082273124433.
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id