Pendampingan Olimpiade Sains Nasional Bidang Fisika Tingkat Kabupaten/Kota untuk Siswa SMAN Modal Bangsa Arun Lhokseumawe

Munzir Absa, Syafrizal Idris, Tulus Setiawan, Haves Qausar

Sari


Kompetisi Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah salah satu kompetisi bergengsi yang diminati oleh banyak siswa di seluruh penjuru negeri. Diharapkan dengan adanya kompetisi OSN ini, siswa dapat belajar dan berlatih dengan lebih keras untuk menguasai berbagai bidang sains dan teknologi yang bermanfaat untuk kemajuan bangsa dan negara. Kompetisi OSN dilakukan secara bertingkat mulai dari tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, hingga tingkat nasional, untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi seluruh peserta didik di seluruh Indonesia. Nyatanya, tidak semua sekolah memiliki sumber daya yang sama untuk dapat mempersiapkan siswa-siswa nya berkompetisi dengan siswa-siswa dari sekolah lain. Salah satu sekolah yang memiliki masalah ini adalah SMAN Modal Bangsa Arun. Oleh karena itu, penulis melaksanakan pendampingan OSN bidang Fisika, sesuai bidang keahlian penulis, untuk siswa SMA tersebut. Pembimbingan ini dilakukan melalui beberapa tahapan, diantaranya diskusi dan observasi awal, pemberian tes awal (pretest), pemberian materi dan pembahasan soal, serta pemberian tes akhir (posttest). Setelah pelaksanaan pendampingan, didapati bahwa kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal setingkat olimpiade meningkat, dimana nilai pretest rata-rata siswa adalah 30, dan nilai posttest rata-rata siswa adalah 70. Selain itu, satu dari lima orang siswa peserta pendampingan olimpiade berhasil lolos ke OSN tingkat provinsi. Ini menunjukkan bahwa kompetensi dan penguasaan siswa setelah pendampingan telah meningkat dibanding sebelum pendampingan. Diharapkan pula bahwa prestasi yang diraih dengan lolosnya seorang siswa ke OSN Fisika tingkat provinsi dapat menjadi motivasi bagi angkatan-angkatan yang datang kemudian untuk terus meningkatkan prestasi pribadi dan prestasi sekolah

Kata Kunci


pendampingan; OSN; SMA; fisika; Lhokseumawe

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


N. A. Sinaga, R. Mahmuzah, N. Elisyah, dan I. Fatwa, “Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Berbasis IT sebagai Media Belajar pada Guru SMA Negeri 1 Dewantara,” Estungkara J. Pengabdi. Pendidik. Sej., vol. 3, no. 1, hal. 46–53, 2024.

R. Dewi, R. Sari, dan L. Hakim, “Penerapan Teknologi (Prototipe) Pengolahan Air Payau Menggunakan Multi Filter Berbahan Alami Bagi Masyarakat Nelayan Desa Pusong Baru Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe,” J. Vokasi-Politeknik Negeri Lhokseumawe, vol. 2, no. 2, 2018.

E. Zulfiar, Z. Zulkarnaini, N. Mawaddah, S. Safaruddin, H. Sa’diyah, dan B. Busra, “Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada Umkm Dj and Cake Cookies Lhokseumawe,” J. Vokasi, vol. 7, no. 2, hal. 140–148, 2023.

S. Salahuddin, W. Mellyssa, R. Rusli, B. Bakhtiar, dan Y. Yusman, “PELATIHAN PENGGUNAAN SOFTWARE DIP TRACE PCB UNTUK SISWA SMK 1 LHOKSEUMAWE PADA SISWA PESERTA LKS,” J. Vokasi, vol. 7, no. 3, hal. 217–225, 2023.

M. Musbar, K. Miswar, A. Muhyi, R. Riyadhsyah, dan S. Bahri, “PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI SOFTWARE PTC MATHCAD PRIME UNTUK LULUSAN JURUSAN TEKNIK SIPIL POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE,” J. Vokasi, vol. 6, no. 3, hal. 201–205, 2022.

H. Hasyimi, M. Nasir, H. Hasrin, dan N. Naziruddin, “Pelatihan Soft Skill Untuk Alumni Politeknik Negeri Lhokseumawe Dalam Mencari Peluang Kerja Baik Tingkat Nasional Maupun Mancanegara,” J. Vokasi, vol. 5, no. 1, hal. 39–44, 2021.

H. Wafa, F. Jannah, S. Andayani, I. Tjahyadi, dan A. Sutrisno, “Pemanfaatan Metode Kompetisi dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Siswa Pendidikan Anak Usia Dini,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 2, hal. 4430–4434, 2023.

B. D. Saputra, “Manajemen Budaya Berprestasi dan Kompetisi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan,” Pros. Semin. Nas. Peningkatan Kualitas Pendidik. Tinggi, Dasar, dan Menengah, vol. 1, no. 1, 2018.

BPTI Puspresnas Kemendikbudristek, “Pedoman Olimpiade Sains Nasional ( OSN ) SMA / MA / Sederajat.” 2024.

S. Idris, N. Sabrina, M. Mellyzar, dan F. W. Ginting, “Pendampingan Persiapan Olimpiade Sains Nasional Bidang Kebumian Di Sman 1 Muara Batu,” J. Vokasi, vol. 7, no. 2, hal. 134, 2023, doi: 10.30811/vokasi.v7i2.3981.

S. Susilawati, A. Doyan, M. Taufik, dan M. Zuhdi, “Pengayaan Materi Olimpiade Fisika dan Pelatihan Penyelesaian Soal-Soal Olimpiade Fisika Bagi Guru dan Siswa di SMP Islam Terpadu Putra Mataram,” J. Pengabdi. Magister Pendidik. IPA, vol. 2, no. 2, hal. 34–36, 2019.

M. Mellyzar, H. Herizal, F. W. Ginting, dan S. Syafrizal, “Penguatan Materi Kompetisi Sains Nasional (Ksn) Bagi Guru Sma Di Aceh Utara,” J. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy. UNSIQ, vol. 8, no. 2, hal. 184–188, 2021, doi: 10.32699/ppkm.v8i2.1568.

D. F. Putri et al., “Pelatihan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Matematika untuk Siswa-Siswi SMA/MA di Kota Samarinda,” J. Res. Appl. Community Serv., vol. 2, no. 3, hal. 71–78, 2023.

P. W. Prasetyo dan S. Sunaryo, “Pelatihan olimpiade matematika tingkat sekolah dasar bagi guru sekolah dasar muhammadiyah se-Kota Yogyakarta,” Abdimas Dewantara, vol. 2, no. 2, hal. 98–106, 2019.

M. A. Taza, P. N. Sari, I. N. Yenti, dan N. Erlinda, “Pendampingan Persiapan Olimpiade Fisika di MTsN 6 Tanah Datar,” BAKU INGA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, hal. 79–85, 2024.

J. Polii, “PENINGKATAN KUALITAS DAN MINAT TERHADAP MATERI FISIKA MEKANIKA SEBAGAI PERSIAPAN MENGHADAPI OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN) PADA TIM OLIMPIADE SAINS FISIKA SMA NEGERI 9 MANADO,” Daya Sains J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v8i2.5395

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 082273124433.
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id