PENINGKATAN KETRAMPILAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA SISTEM PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU SMK NEGERI 5 LHOKSEUMAWE

Muhammad Nasir, Aswandi Aswandi, Fachri Yanuar, Guntur Syahputra

Sari


Kemampuan dalam pengetahuan media pembelajaran menjadikan rendahnya produktivitas pendidik dalam mengembangkan materi ajar ke dalam media pembelajaran yang interaktif dan inovatif. Saat ini, wabah coronavirus (COVID-19) yang belum dapat ditangani secara menyeluruh dan dengan dibatasinya pertemuan secara tatap muka/luring tentunya sangat membutuhkan perhatian khusus yang kemungkinan ancaman secara global. Hal ini pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berinisiatif membuat kebijakan darurat agar pembelajaran disekolah-sekolah melakukan pembelajaran secara bertahap atau secara shift dan memutuskan untuk Study From Home (SFH) atau belajar secara daring. Namun, dari kebijakan pemerintah ini membuat dunia pendidikan panik terutama di Sekolah SMK Negeri 5 Lhokseumawe, karena tidak/belum siap melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang ingin dicapai untuk memberikan pengetahuan, meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar secara daring kepada pendidik akibat dari adanya pandemik COVID-19 yang belum tuntas, dapat mempermudah proses pembelajaran dan memberikan materi media pembelajaran. Kegiatan ini diikuti oleh 15 orang guru (pendidik) bidang studi yang ditugaskan oleh Ketua Kurikulum SMK Negeri 5 Lhokseumawe. Hasil yang akan direncanakan dalam pelatihan ini adanya peningkatan pemahaman Teknologi Informasi Pada Sistem Pembelajaran Secara Daring. Hasil pengembangan media pembelajaran interaktif secara daring berdasarkan uji signifikansi perbedaan rata-rata nilai pretest (x) dan posttest (y) yang menyatakan bahwa setelah dilakukan pelatihan kemampuan guru-guru sudah terjadi peningkatan secara signifikan dari kemampuan awal sebelum sampai kepada kemampuan akhir peserta pelatihan sebesar 58.00%.

Kata Kunci


Media pembelajaran, Interaktif, COVID-19, Study From Home (SFH)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


kemendikbud.go.id

https://www.sman5lsm.sch.id/

Wandah Wibawanto, S.Sn., M. D. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. In Penerbit Cerdas Ulet Kreatif

Naidu, S. (2006). E-Learning A Guidebook of Principles, Procedures and Practices. In E-learning. https://doi.org/citeulike-article-id:8060645

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disease (COVID-19). Direkorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit.

Nasir.M, Salahuddin (2019). Pelatihan Pengelolaan Website Jurusan Bagi Staf Pengajar Dan Staf Administrasi Pada Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Lhokseumawe. Jurnal Vokasi, Vol. 3 No. 2 Oktober 2019 ISSN : 2548-9410 (Cetak) | ISSN : 2548-4117 (Online) P-78-85.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v5i2.2403

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 082273124433.
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id