MEMBERI PENGUATAN PADA GURU MENERAPKAN MINDFUL BREATHING DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID 19 DI SD INKLUSI JALAN SEI PETANI NO 19 MEDAN

Sri Milfayetty, Utami Nurhafsari Putri

Sari


Pemerintah Indonesia memberlakukan sistem pembelajaran daring selama pandemi covid-19.Hal ini menuntut guru beradaptasi dengan lebih cepat, kreatif, dan inovatif agar bisa mendidik siswanya melalui jarak jauh. Beberapa keluhan guruyakni adanya kesulitan beradaptasi dengan teknologi, keterbatasan fasilitas, kesulitan interaksi dengan anak didik, sulit mengontrol pembelajaran di rumah, banyaknya peserta didik yang apatis, kurang termotivasi dan belum mampu belajar secara mandiri, serta kurangnya kesadaran dan sulitnya bekerjasama dengan pihak lain termasuk orangtua anak didik. Para guru juga merasa kehabisan ide dan kreativitas dalam mengajar, kesulitan membagi waktu antara kepentingan akademik dan kepentingan pribadi, sehingga kehilangan waktu “memberi jeda” atau mengistirahatkan diri dari berbagai aktivitas mengajar. Kehadiran beban dan keterbatasan yang cukup besar ini menjadi sumber stres bagi para guru. Dengan demikian, diberikan penguatan kepada guru untuk menghadapi situasi denganteknik berbasis mindfulness yaitu teknik mindful breathing. Metode yang dipakai adalah metode workshop berupa psikoedukasi dan pelatihan teknik mindful breathing. Selanjutnya peserta mempraktekkannya di kehidupan sehari-hari selama empat minggu dan kemudian memberikan feedback terkait dampak mempraktekkan teknik tersebut. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa peserta mendapatkan energi positif, merasa lebih tenang, tidak gelisah dan mulai fokus untuk menghadapi situasi yang saat ini sedang dihadapi. Setiap mengalami pikiran negatif, peserta langsung menerapkan teknik mindful breathing, para peserta merasa lebih mudah untuk mengontrol diri dan lebih fokus dalam mennghadapi peserta didik selama pandemi covid-19. Berdasarkan hasil ini, dikemukakan pemberian penguatan pada guru menggunakan teknik miniful breathing efektif dalam membantu guru menghadapi situasi pembelajaran selama pandemi

Kata Kunci


guru, inklusi, bakat,covid-19, mindfulness

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kabat-Zinn, J. (1996). Mindfulness meditation. What it is, what it isn’t, and its role in health care and medicine. In Y. Haruki & M. Suzuki (Eds.), Comparative and psychological study on meditation (pp. 161–170). Delft, Netherlands: Eburon Publishers.

Kabat-Zinn, J. (2003). Mindfulness-based interventions in context: Past, present, and future. Clinical Psychology: Science and Practice, 10(2), 144-156.

Kabat-Zinn, J. (2005). Coming to our senses: Healing ourselves and the world throughmindfulness. New York: Hyperion.

Milfayetty, Sri., et. al. 2014. Manajemen Networking Konseling di SMA. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat. Universitas Negeri Medan.

Milfayetty, Sri. 2016. Creative Art Play dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan. Playscope.

Milfayetty, Sri., et. al. 2017. Model Creative Art dalam Bermain Clay untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus dan Kemandirian Anak. Proceedings International Psychology, Education Counseling& Social Work Conference. Medan, Indonesia.

Milfayetty, Sri.2017. The Innovative Model of Counselors Collaboration in Alleviating The Student’s Charcter. Ponte.

Milfayetty,Sri. Innovation in Teaching and Learning Through Creative Art Model. European Journal Social Sciences Education and Research

Milfayetty.Sri. 2018. Multidimentional Model in Counseling to Improve Students Self Confidence. International Journal of Research in Counseling of Education.

Milfayetty, Sri 2019. Memberi Penguatan Kepada Guru Dalam Mengatasi Permasalahan pada Anak Cerdas Berbakat di SD Negeri Percobaan Medan. Jurnal Nasional Vokasi diterbitkan Oktober 2019 Vol 3 Nomor 2 di laman http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/vokasi.

Milfayetty,. Sri. Penguatan Kemampuan Guru Melalui Teknik Creative Art Mengentaskan Masalah pada Anak Cerdas Berbakat di SD Negeri Percobaan Medan. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat tahun 2019 ( lppm.unimed.ac.id)

Putri, dkk (2017). Mindfulness-Based Stress Reduction (MBSR) Untuk Menurunkan Tingkat Stres Pada Caregiver Informal Skizofrenia. Tesis. Depok: Universitas Indonesia.

Stahl, Bob & Goldstein, Elisha., (2010). A Mindfulness-Based Stress Reduction Workbook. Amerika Serikat: New Hurbinger Publications, Inc.

Sendy, Victoria. (2010). Religiusitas, Mindfulness, dan Psychological Well-Being pada Umat Katolik di Jakarta. Tesis. Depok: Universitas Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v4i2.2002

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 082273124433.
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id