PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT: MEMBERI PENGUATAN KEPADA GURU MENGENAI INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN, KEBANGSAAN, DAN KEACEHAN DALAM KEGIATAN BELAJAR DAN MENGAJAR DI SMA NEGERI 1 BIREUEN

Marwan Marwan, Siraj Siraj, Sri Milfayetty

Sari


Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan mengamanatkan bahwa penyelenggaraan pendidikan di Aceh mengandung nilai-nilai keislaman, kebangsaan dan keacehan yang terpadu dalam semua kegiatan sekolah. Namun dalam praktiknya guru-guru di sekolah mitra belum secara maksimal menerapkan nilai-nilai keislaman, kebangsaan dan keacehan  dalam kegiatan belajar dan mengajar. Hal ini disebabkan karena ketidakpahaman guru dan guru merasa sulit untuk bisa memadukan nilai-nilai tersebut dalam kegiatan belajar dan mengajar. Solusi-solusi yang telah diberikan dalam menyelesaikan permasalahan mitra adalah: 1) memberikan pelatihan berupa workshop mengenai sistem penyelenggaraan pendidikan di Aceh, serta internalisasi nilai-nilai keislaman, kebangsaan, dan keacehan dalam kegiatan belajar dan mengajar; 2) memberikan pelatihan dan pendampingan merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan handout; 3) memberikan pelatihan bagi guru bimbingan konseling dalam mengentaskan masalah karakter siswa melalui layanan konseling Qur’ani, serta membangun manajemen networking konseling SMA; 4) memberikan pendampingan dalam implementasi nilai-nilai keislaman, kebangsaan, dan keacehan dalam kegiatan belajar mengajar; dan 5) menumbuh kembangkan motivasi dan ketrampilan mengajar yang bervariasi kepada guru di sekolah mitra. Pelaksanaan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bireuen, dengan sasaran guru-guru bidang studi dan guru-guru bimbingan konseling. Kegiatan tersebut dilakukan melalui: pelatihan dalam bentuk workshop, In House Training, serta pendampingan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan produktivitas guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai keislaman, kebangsaan dan keacehan dalam kegiatan belajar dan mengajar. Hasil yang telah diperoleh adalah  meningkatnya pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan produktivitas guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai keislaman, kebangsaan dan keacehan dalam kegiatan belajar dan mengajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Marwan. Pengaruh Kepemimpinan Sifat Terhadap Keefektivan Kepemimpinan Sekolah (Studi Kasus pada Kepala SMKN 1 Peusangan-Bireuen). Ekonomika. 1 (2010), 62-70.

Marwan. Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Ketua Program Studi dan Pelatihan Terhadap Kinerja Dosen dalam Lingkup Universitas Almuslim. Ekonomika. 4 (2013), 1-10.

Siraj dan M. Taufiq. Integrasi Konteks Budaya Lokal Aceh dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Momen Gaya pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Al Muslim Bireuen (Laporan Penelitian DPRM Dikti, 2015).

Syarkani dan Siraj. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Budaya pada Mahasiswa FKIP Fisika Universitas Al Muslim(Laporan Penelitian DPRM Dikti, 2018).

Siraj, et. al. Implementation of Islamic School Culture Policy in Development of Teacher Professional Performance. Proceedings 3nd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL-2018). Medan, Indonesia, 2018, 171-120.

Milfayetty, Sri., et. al. Manajemen Networking Konseling di SMA (Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat, DPRM Dikti, 2014).




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v3i2.1274

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 082273124433.
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id