PROMOSI PRODUK MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL ONLINE PADA PARA PEDAGANG KECIL DI KOTA LHOKSEUMAWE
Abstract
Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan para pengusaha kecil (UKM) di Desa Meunasah Mesjid Peunteut Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe memanfaatkan media sosial online untuk keperluan promosi produknya. Khalayak sasarannya adalah para pedagang kecil, industri rumah tangga (produksi keripik pisang, roti/cake), dan jasa rias kecantikan. Jumlah peserta sekira 5 orang. Usaha mitra UKM di Kecamatan Blang Mangat Lhokseumawe diketahui kurang berkembang dikarenakan manajemen pengelolaan usaha bersifat tradisional, segmentasi pasar sangat terbatas, dan tidak kreatif memanfaatkan teknologi informasi berupa media sosial online untuk keperluan pemasaran produk. Media sosial yang banyak digunakan oleh publik saat ini seperti toko online, twitter, whats App, line, istagram, BBM, facebook, dan youtube tidak dapat dimanfaatkan untuk keperluan promosi produk dagangannya. Hasil kegiatan menunjukkan sekira 82% mitra ipteks telah menguasai konsep pemasaran, manajemen usaha, dan promosi online.
Keywords : Promosi Online, Produk Usaha Kecil
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Achmad Jamaludin, dkk, 2015. Pengaruh Promosi Online dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang). Malang: Universitas Brawijaya Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 21 No. 1 April 2015 administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id.
Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2017. Panduan Pelaksanaan Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Di Perguruan Tinggi. Edisi XI. Jakarta: Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti
Jaidan Jauhari, 2010. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan e-commerce. Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 2, NO. 1, April 2010 Halaman 159-168 ISSN Print : 2085-1588 ISSN Online : 2355-4614 http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index
Muhammad Amirullah, 2018. Kelebihan Serta Kekurangan dari Pemasaran Tradisional dan Pemasaran Online. Surya Semesta Digital Media.
https://www.suryasemesta.com/blog/artikel-4/post/kelebihan-serta-kekurangan-dari-pemasaran-tradisional-dan-pemasaran-online-18
Singgih Nurgiyantoro, 2014. Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media terhadap Keputusan Pembelian Garskin yang dimediasi Word of Mouth Marketing. Jogjakarta: Universitas Negeri Jogjakarta.
Yoga Hastyadi Widiartanto, 2016. Pengguna Internet di Indonesia Capai 132 Juta. Kompas Tekno 2016.
http://tekno.kompas.com/read/2016/10/24/15064727/2016.pengguna.internet.di.indonesia.capai.132.juta.
Zahrotul Umami, 2015. Social Strategy pada Media Sosial untuk
Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Interaksi, Vol 4 No 2, Juli 2015 : 195 – 20. Page 195 – 201.
DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v3i1.997
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by : | |
---|---|
ALAMAT KANTOR REDAKSI : P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe. Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3 Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785) Phone : 082273124433. Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id |