PEMANFAATAN KERTAS BEKAS SEBAGAI MEDIA BELAJAR MATEMATIKA, IPA, DAN SENI MELALUI TEKNIK BERMAIN DAN BERCERITA PADA PEMBELAJARAN ANAK-ANAK USIA TK DAN SD
Abstract
Sarana dan prasarana bermain bagi anak-anak usia TK dan SD di Desa Limbang Jaya I dan II serta Desa Tanjung Pinang I dan II, Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan dapat dikatakan minim sekali. Beberapa konsep dasar Matematika dan IPA masih sangat sulit dipelajari siswa. Hal ini termasuk tugas guru untuk membangkitkan siswa supaya dapat mempelajari konsep-konsep Matematika dan IPA dengan mudah dan menyenangkan. Media belajar pun dapat diperoleh dari lingkungan sekitar, baik berupa “limbah” kertas, kardus, maupun dari tanaman dan kayu sekitar rumah. Media belajar berbahan kertas bekas merupakan salah satu teknik pengajaran Matematika dan IPA yang dapat digunakan sebagai media yang menghubungkan konsep dasar dengan aplikasinya pada kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi informasi dan mengenalkan khalayak sasaran mengenai alternatif metode pengajaran konsep Matematika dan IPA melalui ilustrasi cerita menggunakan media belajar berbahan kertas bekas, memotivasi dan mengembangkan ide dan potensi khalayak dalam berinovasi membuat ilustrasi cerita menggunakan media tersebut guna menunjang pembelajaran agar lebih mudah dipahami siswa. Metode pelaksanaan kegiatan berupa presentasi (paparan). Pada kegiatan ini juga dilakukan demonstrasi beberapa contoh pembuatan media belajar berbahan kertas beserta ilustrasi cerita pemanfaatannya untuk menerangkan konsep Matematika, IPA, dan seni. Penyuluhan ini telah menambah informasi dan wawasan yang penting bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya dalam mengajar. Mereka mempunyai minat dan motivasi untuk mempraktekkan dan menerapkannya untuk keperluan proses belajar mengajar Matematika dan IPA.
Kata kunci: Media belajar berbahan kertas bekas, Ilustrasi cerita, konsep Matematika, konsep IPA, seni, metode pembelajaran.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Einon, D. Creative Play for 2 – 5s. Penerjemah: S. C. Simanjuntak. Karisma Publishing Group, Jakarta. 2005.
Sudono, A. Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Grasindo, Jakarta. 2000.
Octavyani, V. Adventure in Paper Land. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 2016.
Kuffner, T. Play & Learn 300 Aktivitas Bermain dan Belajar Bersama Anak (Usia 3 – 6 Tahun). Penerjemah: E. Widianingsih. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta. 2003.
Suharsono. Melejitkan IQ, IE & IS. Inisiasi Press, Depok. 2005.
Nangoy, I. M. M. 45 Kegiatan Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta. 2004.
DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v3i1.994
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by : | |
---|---|
ALAMAT KANTOR REDAKSI : P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe. Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3 Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785) Phone : 082273124433. Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id |