IN HOUSE TRAINING PENGUATAN PRAKTIKUM FISIKA SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BAGI GURU SMA/SMK DI KOTA LHOKSEUMAWE DAN KABUPATEN ACEH UTARA

Syafrizal Idris, Nanda Novita, Arlin Maya Sari

Abstract


Salah satu metode belajar yang dapat diterapkan guru dalam  merdeka belajar adalah metode praktik melalui praktikum. Kelengkapan prasarana dan sarana merupakan salah satu keberhasilan kegiatan praktikum fisika. Laboratorium SMA/SMK diwilayah kota Lhokseumawe dan Aceh Utara telah dilengkapi dengan alat-alat praktikum dan set alat eksperimen Komponen Instrumen Terpadu (KIT) fisika, akan tetapi belum dimaksimalkan penggunaannya dalam proses pembelajaran dan guru juga belum sepenuhnya menguasai peralatan KIT. Maka dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan praktikum fisika dan alat peraga Fisika kepada guru-guru fisika. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru terkait dengan kemampuan merancang media pembelajaran dan mengembangkan metode pembelajaran fisika menggunakan KIT. Metode pelatihan ini dilakukan dengan penyampaian/penguatan materi yang berkaitan dengan materi praktikum dan melakukan pelatihan praktikum alat KIT fisika. Hasil angket respon guru yang telah mengikuti  In House Training yaitu guru setuju kegiatan penguatan praktikum fisika sebagai implementasi kurikulum merdeka belajar sangat bermanfaat, menambah wawasan, sesuai dengan kebutuhan, memotivasi, meningkatkan pemahaman dan kemampuan serta menjawab permasalahan guru dalam melaksanakan praktikum fisika menggunakan KIT fisika. Sedangkan kegiatan refleksi dengan melakukan pendampingan dan monitoring dengan terus menjalin komunikasi untuk mendapatkan feedback kegiatan ketika telah dipraktekkan dalam proses pembelajaran.


Keywords


Alat Praktikum, In House Training, Praktikum Fisika

References


D. K. Ainia, “Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter,” J. Filsafat Indones., vol. 3, no. 3, pp. 95–101, Sep. 2020, doi: 10.23887/jfi.v3i3.24525.

A. T. Daga, “Penguatan Peran Guru Dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar,” ELSE (Elementary Sch. Educ. Journal) J. Pendidik. dan Pembelajaran Sekol. Dasar, vol. 6, no. 1, pp. 1–24, 2022.

Siraj et al., “Penguatan Keterampilan Guru dalam Merancang e-Modul Pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Kota Lhokseumawe,” J. Vokasi, vol. 6, no. 2, pp. 158–162, 2022.

A. Wijaya et al., “Sosialisasi Program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros,” J. Puruhita, vol. 2, no. 1, pp. 46–50, Dec. 2020, doi: 10.15294/PURUHITA.V2I1.42325.

A. M. Sari, U. M. Dewi, Wulanda, Syafrizal, and D. S. Ayunda, “Introduction to Basic Measurement Tools to Support Science Learning at SD Negeri 9 Dewantara,” J. Pengabdi. Masy. Bestari, vol. 2, no. 1, pp. 55–62, Jan. 2023, doi: 10.55927/JPMB.V2I1.2737.

Y. Subekti and A. Ariswan, “Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 2, no. 2, pp. 252–261, Oct. 2016, doi: 10.21831/JIPI.V2I2.6278.

B. Khoerun, F. Sugara, Y. Kurniawan, J. Sudrajat, and A. Alhafidz, “Implementasi Trainer Elektronika Dasar Sebagai Media Pembelajaran Program Keahlian Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Sindang Kabupaten Indramayu,” J. Vokasi, vol. 6, no. 3, pp. 243–247, 2022.

K. Syahidi, S. Sapiruddin, B. A. Novianti, and ..., “Pelatihan Penggunaan Kit Fisika Bagi Guru Ipa Sma/Ma Di Lombok Tengah,” Martabe J. …, vol. 5, pp. 780–786, 2022.

C. R. Faiza, S. Idris, and F. W. Ginting, “Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL) Berbantuan Video Youtube Terhadap Pemahaman Konsep Siswa,” Opt. J. Pendidik. Fis., vol. 7, no. 1, pp. 72–79, 2023.

M. Mellyzar, I. R. Lukman, and B. Busyraturrahmi, “Pengaruh Strategi Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Kemampuan Proses Sains dan Literasi Kimia,” Jambura J. Educ. Chem., vol. 4, no. 2, pp. 70–76, Aug. 2022, doi: 10.34312/JJEC.V4I2.15338.

M. Uki, I. W. Sudiarta, I. G. N. Y. Handayana, H. Hiden, and N. Qomariyah, “Pendampingan Kegiatan Pendalaman Konsep-Konsep Dasar Fisika dan Matematika Bagi Guru-Guru Anggota MGMP,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 3, no. 1, p. 134, Nov. 2019, doi: 10.31764/jpmb.v3i1.1279.

B. Anwar, “Kompetensi Pedagogik sebagai Agen Pembelajaran,” Shaut al Arab., vol. 6, no. 2, p. 114, Feb. 2019, doi: 10.24252/saa.v6i2.7129.

B. Mulyawan, “Pengaruh Pengalaman dalam Pelatihan terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru,” J. Undiksha, vol. 11, pp. 45–65, 2012.

I. Y. Okyranida and I. A. D. Astuti, “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Videoscribe bagi Guru MGMP Fisika Kabupaten Lebak,” J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 5, no. 4, pp. 1035–1042, Nov. 2020, doi: 10.30653/002.202054.406.

M. Mellyzar, S. Syafrizal, and F. W. Ginting, “Penguatan Konsep Kompetisi Sains Nasional bagi Guru dan Siswa Unggulan di SMAN 7 Kota Lhokseumawe dan SMAN 2 Dewantara Aceh Utara: Bidang Kimia, Fisika dan dan Kebumian,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 5, no. 1, pp. 228–235, Dec. 2021, doi: 10.31764/JPMB.V5I1.6035.

I. W. Sukarjita, “Peningkatan Keterampilan Pengelolaan Pembelajaran IPA Terpadu Melalui Pelatihan Penggunaan KIT IPA Bagi Guru IPA SMP di Kecamatan Kupang Barat,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Undana, vol. 14, no. 2, pp. 33–42, 2020, [Online]. Available: http://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jlppm/article/view/3440




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v8i1.4583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 082273124433.
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id