PEMBUATAN SIMULASI KELISTRIKAN MOTOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAGI SISWA SMK TEKNIK OTOMOTIF DI SMKN 1 SUMBAR
Abstract
Kurangnya media praktikum simulasi kelistrikan kendaraan ringan di bengkel
otomotif SMK N 1 Sumbar telah menjadi isu kritis yang mempengaruhi
efektivitas proses pembelajaran. Permasalahan ini mengemuka sebagai akibat
dari minimnya alat dan sarana yang mendukung pengajaran dalam program
keahlian teknik otomotif. Namun, dalam upaya memperbaiki kondisi ini, tim
pengabdian Teknik Mesin PNP telah melaksanakan inisiatif berarti dengan
menghadirkan solusi berupa alat trainer simulasi kelistrikan sepeda motor.
Inisiatif ini membawa potensi transformasi signifikan dalam pendidikan di
SMK N 1 Sumbar. Dengan alat simulasi ini, siswa mendapatkan kesempatan
unik untuk terlibat dalam praktik yang lebih mendalam dan interaktif dalam
bidang kelistrikan kendaraan ringan. Alat ini tidak hanya sekadar menjadi
perangkat praktikum, tetapi juga dilengkapi dengan panduan yang
memudahkan para guru dalam mengintegrasikan alat ini dalam kurikulum.
Alat trainer simulasi ini dapat membangun pemahaman siswa tentang konsep
kelistrikan kendaraan dan meningkatkan keterampilan teknis mereka. Dengan
demikian, pengalaman belajar siswa menjadi lebih memuaskan dan relevan
dengan kebutuhan industri otomotif saat ini. Selain itu, penggunaan alat ini
juga mengakselerasi pembelajaran, menggairahkan minat siswa terhadap
materi pelajaran, dan secara keseluruhan meningkatkan mutu pendidikan di
bidang teknik otomotif.Pengabdian ini tidak hanya menciptakan solusi nyata
bagi permasalahan yang dihadapi SMK N 1 Sumbar, tetapi juga memperkuat
kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri. Dengan adanya alat trainer
simulasi kelistrikan ini, siswa menjadi lebih siap menghadapi tuntutan dunia
kerja dan mengembangkan potensi mereka di bidang otomotif dengan penuh
keyakinan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
F. E. N. Ramadhan and W. Suyanto, “Implementasi Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Teknologi Dasar Otomotif Siswa Kelas X Tkrb Smkn 1 Sedayu,” J. Pendidik. Vokasi Otomotif, vol. 1, no. 2, pp. 1–14, 2019, doi: 10.21831/jpvo.v1i2.24300.
R. Pujiyanto, S. Taufan, and N. Iriyanti, “Limits on The Implementation of Contrario Actus Principle in The Procurement of Civil Servants,” UNIFIKASI J. Ilmu Huk., vol. 5, no. 2, p. 76, 2018, doi: 10.25134/unifikasi.v5i2.1237.
A. Mansur, Irdam, Harjuma, and Israkwaty, “Perancangan Media Praktikum Sistem Kelistrikan Otomotif bagi SMK Budi Utomo Soroako Design of Automotive Electrical System Practicum Media for SMK Budi Utomo Soroako,” J. Panrita Abdi, vol. 6, no. 1, pp. 191–200, 2022, [Online]. Available: https://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi/article/download/13301/7755
W. N. Aji, “Model Pembelajaran Dick and Carrey Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia,” Kaji. Linguist. dan Sastra, vol. 1, no. 2, p. 119, 2016, doi: 10.23917/kls.v1i2.3631.
Z. V. Smirnova, O. I. Vaganova, D. A. Loshkareva, E. A. Konyaeva, and M. N. Gladkova, “Practice-oriented approach implementation in vocational education,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 483, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1757-899X/483/1/012003.
M. Samani, “Vocational Education in the Era of Industry 4.0: An Indonesia Case,” vol. 201, no. Aptekindo, pp. 45–47, 2018, doi: 10.2991/aptekindo-18.2018.10.
H. Arizal, “Kinerja Lulusan Smk Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di Industri Otomotif Surabaya,” J. Pendidik. Vokasi UNESA, vol. 2, no. 2, p. 246791, 2014.
J. Suhartono and B. Ismartoyo, “Peningkatan Kemampuan Komunitas Guru Gugus Urip Sumoharjo Dalam Mendesain Power Point Sebagai Media Pembelajaran …,” Repository.Ut.Ac.Id, pp. 350–364, [Online]. Available: http://repository.ut.ac.id/8083/1/350-364 Suhartono.pdf
E. Development, F. N. Aryawan, and J. Timur, “Overcoming the Challenges of Vocational Education in Indonesian SMK : Ideas on Curriculum Improvement , Teaching Quality , and English Language Teaching,” vol. 3, no. 3, pp. 243–252, 2023, doi: 10.58737/jpled.v3i3.226.
R. R. Ukasah and R. D. Agustia, “Pembangunan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif untuk Kelas X Jurusan Teknik Sepeda Motor (Studi Kasus: SMK 4 LPPM–Ri Padalarang),” 2017, [Online]. Available: https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/756/jbptunikompp-gdl-rizqirafli-37754-8-unikom_r-a.pdf
V. B. M. Sari and M. R. Solichin, “Evaluasi Model Kirkpatrick Pada Program Praktek Pembelajaran Lapangan (Ppl) Sebagai Penguatan Profesionalisme Mahasiswa Keguruan,” J. Ekon. Pendidik. Dan Kewirausahaan, vol. 11, no. 1, pp. 37–50, 2023, doi: 10.26740/jepk.v11n1.p37-50.
DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v7i3.4187
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by : | |
---|---|
ALAMAT KANTOR REDAKSI : P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe. Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3 Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785) Phone : 082273124433. Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id |