PENYULUHAN DESAIN PACKING PRODUK DAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA USAHA KERUPUK DI DESA TANJUNG PERING KECAMATAN INDRALAYA UTARA KABUPATEN OI

Irmeilyana Irmeilyana, Ngudiantoro Ngudiantoro, Sri Indra Maiyanti, Arum Setiawan, Azhar Kholiq Affandi

Abstract


Desa Tanjung Pering merupakan salah satu sentra usaha produksi kerupuk di Kabupaten Ogan Ilir (OI), yang mempunyai kekhasan rasa. Sebagian berupa kerupuk mentah yang belum digoreng. Kemasan kerupuk yang digoreng biasa saja, tidak di-packing dengan tampilan yang lebih menarik, tidak ber-merk. Pada saat ini, pemasaran kerupuk yang ada di Desa Tanjung Pering masih tradisional. Penggunaan teknologi gawai belum dimanfaatkan secara optimal. Tujuan kegiatan PPM ini adalah untuk memberi penyuluhan kepada khalayak sasaran tentang packing kemasan produk yang dapat menghasilkan performa yang menarik, menjaga ketahanan produk supaya lebih awet, tidak mudah tengik dan lempam (alot), serta menunjukkan “identitas” produk termasuk informasi narahubung dan promosi produk. Selain itu, untuk mengenalkan cara penjualan produk kerupuk melalui digital marketing. Metode pelaksanaan kegiatan berupa presentasi (transfer materi), peragaan/praktek, dan pendampingan implementasi. Hasil yang diperoleh berupa produk kerupuk dengan tampilan yang lebih dapat meningkatkan nilai jual, baik berupa bentuk kerupuk, packing beserta brand-nya, maupun pemasaran digital-nya. Setelah kegiatan PPM ini, diharapkan kerupuk Desa Tanjung Pering lebih dikenal dan juga pengrajin kerupuk dapat memperluas pasarnya dengan harga yang lebih bersaing.


Keywords


Packing produk, digital marketing, kerupuk, Tanjung Pering

References


BPS Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Ilir dalam Angka 2022. Indralaya: BPS Kabupaten Ogan Ilir, 2022.

BPS Kabupaten Ogan Ilir, Kecamatan Indralaya Utara dalam Angka 2018. Indralaya: BPS Kabupaten Ogan Ilir, 2018.

I. Pitaloka, “Bupati Panca Resmikan Tanjung Pering Garden,” January, 3, Ogan Ilir, Jan. 03, 2022.

M. Verawaty, E. Lidiasari, Parwiyanti, and F. Syaiful, “Penjernihan Air di Desa Tanjung Pering, Kecamatan Inderalaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir,” Aptekmas, vol. 2, no. 3, pp. 25–30, 2019.

Muharni, H. Yohandini, Ferlinahayati, and Julinar, “Edukasi Penggunaan Tumbuhan Sungkai (Paronema canescens) untuk Menurunkan Kolesterol,” Pepadu, vol. 3, no. 1, pp. 21–29, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/jurnalpepadu/index.

D. Setiawan, Irmeilyana, W. Windusari, and Sarno, “IbM Peternak Sapi untuk Mengolah Kotoran Sapi Menjadi Kompos, Guna Meningkatkan Pendapatan dan Produktivitas Lahan di Desa Tanjung Pering,” Indralaya, 2010.

F. W. Setiofano, Herpandi, and I. Widiastuti, “Analisis Keberlanjutan Pengolahan Kerupuk Ikan di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan,” FishtecH –Jurnal Teknol. Has. Perikan., vol. 6, no. 2, pp. 153–162, 2017.

Irmeilyana, Ngudiantoro, S. I. Maiyanti, and A. Setiawan, “Pemanfaatan Gawai pada Adaptasi Teknologi untuk Media Pembelajaran bagi Guru SDN 9 Tanjung Batu di Desa Limbang Jaya Kabupaten Ogan Ilir,” Vokasi, vol. 6, no. 1, pp. 16–23, 2022, doi: Prefix 10.30811/vokasi.

M. Nasir, Aswandi, F. Yanuar, and G. Syahputra, “Peningkatan Ketrampilan Penggunaan Teknologi Informasi pada Sistem Pembelajaran Daring bagi Guru SMK Negeri 5 Lhokseumawe,” Vokasi, vol. 5, no. 2, pp. 134–139, 2021.

W. V. Siregar, A. Hasibuan, and M. D. Nurdin, “Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Daring untuk Membangun Generasi Hebat,” Vokasi, vol. 5, no. 2, pp. 86–90, 2021.

M. Y. Siregar and S. A. Akbar, “Strategi guru dalam meningkatkan kualitas mengajar selama masa Pandemi COVID-19,” At-Tarbawi J. Pendidikan, Sos. dan Kebud., vol. 12, no. 2, pp. 647–662, 2020.

P. Hastuti et al., Kewirausahaan dan UMKM. Yayasan Kita Menulis, 2020.

D. Team, “Panduan Belajar Digital Marketing Dari Nol [Lengkap],” 2022. https://www.dewaweb.com/blog/digital-marketing-lengkap/ (accessed Apr. 19, 2022).

W. Kurniasih, “Pengertian Digital Marketing dan 7 Kelebihannya.” https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-digital-marketing/ (accessed Apr. 17, 2022).

P. D. Pratama and B. Nudin, “Strategi Pengembangan Produk Kerupuk Kemplang dengan Metode SWOT di UMKM Dua Putri Bumi Waras Kota Bandar Lampung,” Ind. J. Ilm. Tek. Ind., vol. 5, no. 1, pp. 18–24, 2021, doi: https://doi.org/10.37090/indstrk.v5i1.362.

S. Widodo et al., “Pendampingan Pemasaran Digital Untuk Kerajinan Rajut Kepada Ibu-ibu PKK RW V Kelurahan Jomblang Kecamatan Candisari Kota Semarang,” Jati Emas (Jurnal Apl. Tek. dan Pengabdi. Masyarakat), vol. 3, no. 2, pp. 176–180, 2019.

P. P. Utami, D. C. Nugraheny, N. Vioreza, and A. Putri, “PKM Pendampingan dan Penyuluhan Kerajinan Limbah Kreatif pada Pemulung di TPA Bantar Gebang Bekasi,” J. Penamas Adi Buana, vol. 5, no. 1, pp. 1–12, 2021.

Lindawati, S. Wardani, D. M. Sari, Alaisyi, and A. Zamakhari, “Penguatan Pengetahuan dan Kemampuan Masyarakat dalam Pemanfaatan Media Sosial untuk Marketing Digital di Desa Tanjung Selamat, Aceh Besar,” Vokasi, vol. 6, no. 3, pp. 219–225, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v7i1.3308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 082273124433.
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id