OPTIMALISASI GOOGLE FORM SEBAGAI MEDIA MULTI FUNGSI BAGI GURU SMP NEGERI 2 WIH PESAM DIMASA NEW NORMAL

Ayu Rahmi, Henni Fitriani, Faradhillah Faradhillah, Nur Octavia Deri

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap penggunaan google form sebagai media multifungsi pada  masa new normal Covid-19. Pembelajaran di Kabupaten Benar Meriah sebelum masa pandemi Covid-19 hampir tidak pernah dilakukan secara online melainkan dilakukan secara offline. Untuk menambah pengetahuan guru terkait penggunaan komputer maupun smartphone, serta meningkatkan pemahaman guru terhadap media online, pengadaan pelatihan terhadap penggunaan media onlinepun terus dilakukan namun lebih difokuskan kepada penggunaan e-learning karena untuk proses belajar mengajar jarak jauh diutamakan dengan menggunakan media tersebut, sedangkan media seperti google form hanya dibahas secara garis besar, padahal penggunaan media bantu seperti ini sangat dibutuhkan untuk memudahkan proses belajar mengajar. Oleh karena itu, perlu dilakukan pelatihan untuk mengoptimalkan penggunaan google form sebagai media multi-fungsi bagi guru di Kabupaten Bener Meriah. Dalam hal ini, tim berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bener Meriah dalam menentukan tempat pelaksanaan pengabdian sehingga terpilih SMP Negeri 2 Wih Pesam sebagai sasaran dilakukannya pengabdian. Adapun metode pendekatan diawali dengan studi literatur, selanjutnya dilakukan wawancara dengan para praktisi pendidikan (tenaga kependidikan dan guru) tentang penggunaan media online dalam pembelajaran, terutama penggunaan google form sebagai media multi-fungsi dan mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi guru. Solusi yang ditawarkan adalah pelatihan terkait penggunaan google form sebagai media multi-fungsi secara optimal bagi guru di Masa new normal. Luaran yang di rencanakan dalam pengabdian adalah publikasi ilmiah pada jurnal pengabdian berbasis OJS dan publikasi kegiatan pada media cetak.

Keywords


google form, e-learning, media multi fungsi, new normal

References


Batubara, H. H. (2016). Penggunaan google form sebagai alat penilaian kinerja dosen di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1).

Febriadi, B., & Nasution, N. (2017). Sosialisasi Dan Pelatihan Aplikasi Google Form Sebagai Kuisioner Online Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan. INOVTEK Polbeng-Seri Informatika, 2(1), 68-72.

Handayani, I., Aini, Q., Cholisoh, N., & Agustina, I. I. (2018). Pemanfaatan Google Form Sebagai Pendaftaran TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) Secara Online. Jurnal Teknoinfo, 12(2), 55-59.

Iqbal, M., Rosramadhana, R., Amal, B. K., & Rumapea, M. E. 2018. Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pemberian Tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 120–127.

Kemendikbud. 2021. Jumlah Data Satuan Pendidikan (Sekolah) Per Kabupaten/Kota: Kab. Bener Meriah. Data Referensi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mardiana, T., & Purnanto, A. W. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. URECOL, 183-188.

Mulatsih, B. (2020). Penerapan aplikasi Google Classroom, Google Form, dan Quizizz dalam Pembelajaran Kimia di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16-26.

Muthmainnah, Fajriana, dan Deassy S. 2017. Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Techsi: Jurnal Teknik Informatika, Vol. 9(2).

Nasir, M., Salahuddin, S., Rusli, R., & Fauziah, A. (2019). Pelatihan Pengelolaan Website Jurusan Bagi Staf Pengajar Dan Staf Administrasi. Jurnal Vokasi, 3(2), 78-85.

Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 56-65.

Sabran dan Edy Sabara. 2019. Keefektifan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar. Hal: 122-125.

Septiawan, F. (2020). Efektivitas penggunaan google form dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor di SMK Negeri 1 Koba. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 7(2), 129-135.

Suandi, I., Hanafi, H., & Hayati, R. (2017). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Komputer Perkantoran Bagi Pemuda Desa Meunasah Mesjid Punteut Kota Lhokseumawe. Jurnal Vokasi, 1(1), 45-51.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v6i3.3296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 082273124433.
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id