INOVASI LABU JIPANG MENJADI PRODUK BERNILAI JUAL TINGGI PADA UMKM ULIQ FOOD

Dheny Arina Hartawaty, Niken Zalsa Billa Agustia

Abstract


Keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) semakin banyak di Kudus, terutama pada usaha dibidang kuliner. Melihat kondisi tersebut saya melakukan pengabdian masyarakat yang berfokuskan pada aktivitas UMKM di Kudus dibidang kuliner dengan mengambil salah satu UMKM di Kudus yaitu Uiq Food yang memiliki produk utama labu siam. Uliq Food memiliki produk olahan sendiri yang labu siam dengan mengambil bahan utuma labu jipang. Selain labu siam ada juga olahan lainnya dari labi jipang yaitu empek-empek, manisan, gempol jipang. Labu siam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, labu siam mengandung vitamin yaitu vitamin B, C, K, dan Mineral, dengan banyaknya kandungan yang terdapat dalam labu siam perlu adanya diversifikasi produk olahan yang berasal dari labu siam agar masyarakat dapat mengkonsumsi olahan labu siam dalam bentuk sesuatu yang berbeda serta dengan dijadikan olahan yang unik maka dapat meningkatkan nilai jual labu siam. Untuk itu saya melakukan pengabdian masyarakat pada UMKM Uliq Food dengan mengolah labu siam yang memiliki banyak manfaat. Dengan ini saya memberikan edukasi terkait pengadaan pembukuan UMKM untuk memudahkan produktifitas penjualan, pemberian inovasi terkait kemasan agar lebih menarik pelanggan, dan pemberian edukasi terkait strategi pemasaran labu siam di Kudus baik secara online maupun ofline. 

Keywords


UMKM,Pemasaran,Packaging,Pembukuan

References


Curatman, A. (2016). Analisis Faktor-faktor Pengaruh Inovasi Produk yang Berdampak pada Keunggulan Bersaing UKM Makanan dan Minuman di Wilayah Harjamukti Kota Cirebon. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 18(3), 61-75. [2] Nilasari, B. M., Risqiani, R., Anggraini, S. I., & Alisa, I. A. (2021). pelatihan pembukuan bagi pelaku umkm yang tergabung dalam forum umkm ikm kecamatan tajur halang– bogor. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(1), 96-102. [3] Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83-88. [4] Saragih, H. (2017). Analisis Strategi Penetapan Harga Dan Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Nutricia Indonsesia Sejahtera Medan. Jurnal Ilmiah METHONOMI, 1(2). [5] Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti, S. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo) (Doctoral dissertation, Brawijaya University). [6] Widiati, A. (2019). Peranan kemasan (packaging) dalam meningkatkan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (umkm) di “mas pack” terminal kemasan Pontianak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2). [7] Hidayati, Q., Yanti, N. and Jamal, N., 2021. PENINGKATAN PRODUKTIVITAS BUDIDAYA JAMUR TIRAM DENGAN TEKNOLOGI IOT DI KM 15 KARANG JOANG BALIKPAPAN. Jurnal Vokasi, 5(1), pp.4-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v6i3.2644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 082273124433.
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id