PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MODUL SAINS BERBENTUK POP-UP BOOK BERBASIS POTENSI LOKAL BAGI GURU SD NEGERI 3 PERCONTOHAN PEUSANGAN
Abstract
Salah satu faktor penting dalam usaha peningkatan kualitas pembelajaran IPA/Sains di SD adalah guru yang berkompeten yang didukung dengan kemampuan menyusun dan mengembangkan media maupun modul yang inovatif dengan menyesuaikan situasi belajar siswa dengan situasi kehidupan nyata di masyarakat. Mitra dalam Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah guru-guru IPA/Sains SD Negeri 3 Percontohan Peusangan Kabupaten Bireuen. Permasalahan yang dihadapi mitra saat ini adalah; 1) belum lengkapnya media-media pembelajaran IPA/Sains yang variatif yang digunakan dalam proses pembelajaran; 2) minimnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif seperti pop-up bookyang dapat dikaitkan dengan konteks potensi lokal; 3) kemampuan guru dalam mengaitkan potensi lokal Aceh dengan pembelajaran IPA/Sains masih rendah; dan 4) pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyusun dan mengembangkan modul berbentuk pop-up bookyang terintegrasi dengan potensi lokal Aceh masih sangat terbatas.Untuk mengatasi permasalahan mitra tersebut, solusi yang ditawarkan adalah: 1) membantu guru dalam memahami, merancang dan mengembangkan media pembelajaran pop-up book yang dikaitkan dengan konteks potensi lokal Aceh; dan 2) membantu guru dalam menyusun dan mengembangkan modul sains berbentuk pop-up book yang terintegrasi dengan potensi lokal Aceh.Sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan guru IPA/Sains, tim pengusul Pengabdian Kepada Masyarakat dan mitra menyepakati dan menjustifikasi solusi yang palingmungkin dilakukan adalah pelatihan dan pendampingan. Hasil yang diperoleh adalah meningkatnya pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan guru IPA/Sains sehingga mampu menyusun dan mengembangkan modul sains berbentuk pop-up book berbasis potensi lokal.Keberhasilan dari kegiatan ini yaitu masing-masing guru IPA/Sains telah memiliki satu produk modul sains berbentuk pop-up bookberbasis potensi lokal Aceh dan mampu mengimplementasikannya dalam kegiatan belajar dan mengajar dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Syarkani dan Siraj. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Budaya pada Mahasiswa FKIP Fisika Universitas Al Muslim(Laporan Penelitian DPRM Dikti, 2018).
Siraj dan M. Taufiq. Integrasi Konteks Budaya Lokal Aceh dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Momen Gaya pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Al Muslim Bireuen. (Laporan PenelitianDPRM Dikti, 2015).
Siraj. 2015. Manajemen Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal Aceh. Jurnal Pendidikan Almuslim. 3 (1): 26-30.
Masturah, Elisa Diah., et. al. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan. 9 (2): 215-225.
Wolfinger, D.M. 1994. Science and Mathematics in Early Childhood Education. New York: Harper Collins College Publisher.
DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v5i1.2159
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by : | |
---|---|
ALAMAT KANTOR REDAKSI : P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe. Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3 Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785) Phone : 082273124433. Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id |