MEMBERI PENGUATAN KEPADA GURU DALAM MENGATASI PERMASALAHAN PADA ANAK CERDAS BERBAKAT DI SD NEGERI PERCOBAAN MEDAN

Sri Milfayetty, Ibnu Hajar

Abstract


Pendidikan di sekolah bagi anak cerdas berbakat perlu dilakukan inklusi dan ramah anak. Tujuan kegiatan ini adalah memberi penguatan kepadaguru-gurumelaksanakan pembelajaran akademik secara terpadu pengembangan diri di SD Negeri Percobaan Sei Petani Medan. Pemilihan lokasi mitra didasarkan pada kebutuhan guru di kelas akselerasi untuk mengentaskan masalah perkembangan dan perilaku siswa secara terpadu dengan pembelajaran akademik. Terutama pengendalian perilaku agressifitas, emosional, sosial dan pengaturan diri.Penguatan kemampuan guru dilakukanmelalui pendekatan supervisi pendampingan. Metodenya adalah workshopdengan teknik creative art. Kemampuan guru yang diperkuat adalah memetakan masalah, membuat dan melaksanakan rancangan pembelajaran akademik terpadu pengentasan masalah, konseling dan play therapy. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa guru yang mengajar di kelas akselerasi dapat memetakan masalah siswa, merencanakan dan melaksanakan pembelajaran akademik secara terpadu dengan teknik kreatif, melakukan konseling dan play therapy sederhana. Siswa yang mengalami masalah dalam pengendalian diri, agressivitas, masalah emosi dan masalah sosial menjadi berkurang. Berdasarkan hasil ini dikemukakan bahwa penguatan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran akademik terpadu pengembangan diri efektif dalam mengentaskan masalah perilaku siswa di SD Percobaan jalan Sei Petani Medan.

Kata Kunci: Inklusi, Cerdas Berbakat, Creative Art


References


Lindsay G. 2017.Educational Psychology and The effectiveness of Inclusiveness Education/Main streaming.Britis Journal of Educational Psychology.

Milfayetty,Sri.2017. The Innovative Model of Counsellors Collaboration in alleviating The Students’Character. Ponte

Milfayetty, Sri., et. al. 2017. Model Creative Art dalam Bermain Clay untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus dan Kemandirian Anak. Proceedings International Psychology, Education Counseling& Social Work Conference. Medan, Indonesia.

Milfayetty, Sri.,2017.Innovation in Teaching and Learning Through Creative Art Model. European Journal social Sciences Education and Research

Milfayetty, Sri. 2016. Creative Art Play dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan. Playscope.

Milfayetty, Sri., et. al. 2014. Manajemen Networking Konseling di SMA. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat. Universitas Negeri Medan.

Milfayetty, Sri.,2018. Multidimentional Model in Counceling to Improve Students SelfConfidence. International Journal of Research in Counseling and Education.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v3i2.1461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 082273124433.
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id