PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK MENJADI PRODUK KERAJINAN TANGAN BERNILAI EKONOMIS BAGI REMAJA PUTUS SEKOLAH

Selvie Diana, Marlina Marlina, Zuhra Amalia, Amalia Amalia

Sari


Kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk Kerajinan Tangan Bernilai Ekonomis ini merupakan program aplikasi ipteks yang dapat memberikan solusi bagi permasalahan utama yang dihadapi oleh Mitra. Adapun Mitra pada kegiatan ini adalah remaja putus sekolah di Desa Alue Lim Kota Lhokseumawe. Permasalahn utama mitra adalah masih rendahnya tingkat pendidikan dan kesejahteraan mitra secara finansial serta belum dimanfaatkannya sampah plastik di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Alue Lim yang berada di wilayah mitra. Pelatihan ini bertujuan agar mitra mengerti dan menerapkan proses pemanfaatan sampah plastik menjadi produk kerajinan tangan seperti tas dan dompet yang bernilai ekonomis. Produk tersebut diharapkan dapat dijual sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan kemandirin mitra secara finansial serta dapat mengurangi beban TPA dalam menampung sampah plastik. Kegiatan ini diawali dengan meninjau kondisi eksisting mitra kemudian dilanjutkan dengan pembinaan masyarakat dan workshop pembuatan kerajinan tangan dari sampah plastik. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah bertambahnya ilmu dan keahlian mitra dalam hal pengelolaan dan pemanfaatan sampah plastik serta mampu membuat tas dan dompet dari sampah plastik bekas kemasan detergen, sabun, pewangi pakaian, dan plastik kresek yang bernilai ekonomis.
Kata Kunci: anorganik, pemanfaatan, plastik, masyarakat, sampah


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) Kota Lhokseumawe. Isu Strategis dan Tantangan Layanan Sanitasi Kota Lhokseumawe 2010, BLHK Kota Lhokseumawe, 2010.

ESP-USAID. Modul Pelatihan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat. Environmental Service Program, Jakarta, 2010.

Handayani, R, D, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Perkotaan Berbasis Masyarakat di Banjarsari Jakarta Selatan, (Tesis. Program Magister pada Studi Pembangunan ITB, 2008).

Diana., Selvie, Pengaruh Partisipasi Masyarakat Terhadap Keberlanjutan Unit Pengomposan Berbasis Masyarakat , Reaksi, Vol. 10/No. 2/ (2012).




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v1i1.570

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 082273124433.
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id