Pelatihan Pembuatan Curriculum Vitae yang Kreatif untuk Alumni Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Malikussaleh

Emilda Emilda, Maulidawati Maulidawati, Ririn Rahayu, Safriandi Safriandi, Nuraiza Nuraiza

Sari


Alumni sebagai lulusan perguruan tinggi banyak hal yang harus dipersiapkan untuk mendapatkan pekerjaan salah satunya adalah Curriculum Vitae (CV). Curriculum Vitae yang menarik dapat meningkatkan kesempatan seorang pelamar kerja untuk mendapatkan pekerjaan impiannya. Permasalahan mitra adalah belum mampu menyusun Curriculum Vitae dengan benar dan menarik. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah peserta mampu membuat Curriculum Vitae ketika melamar pekerjaan. Metode yang digunakan dalam pengabdiaan ini berbentuk pelatihan, agar peserta dapat praktik secara langsung setelah mendapatkan materi. Pelatihan penulisan CV yang kreatif dan menarik ini dilaksanakan Gedung FKIP Universitas malikussaleh yang diikuti sebanyak 6 orang alumni program studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Malikussaleh. Kegiatan dilaksanakan selama 1 hari dengan metode ceramah, diskusi dan kerja mandiri berupa pengisian pada format CV yang kreatif. tingkat kehadiran peserta adalah 100% dimana semua peserta hadir pada saat pelatihan dan rata-rata peserta sudah menguasai aplikasi Microsoft word sebagai media untuk pengisian format CV yang telah di tentukan. Peserta antusias dalam mengikuti pelatihan dimana banyak diskusi oleh peserta terhadap materi yang belum mereka kuasai. Manfaat dan dampak perubahan dari kegiatan pengabdian ini adalah peserta mampu membuat Curriculum Vitae sebagai bekal dalam melamar pekerjaan untuk dapat mempromosikan diri dan memberikan informasi mengenai kemampuan yang dimiliki sehingga memberi kesan yang kuat pada lembaga yang dituju. Peran dan kontribusi dari anggota tim pelaksana adalah mendampingi para peserta dalam mengikuti pelatihan

Kata Kunci


CV, Alumni, Kreatif, informasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


E. T. Reinaldi and C. V. R. Abimanyu, “Mengejar Pekerjaan Impian: Pelatihan Daring Membuat Curriculum Vitae dan Cover Letter,” Patria J. Pengabdi. Kpd. Masy. ISSN, pp. 2656–5455, 2021.

R. T. Utami, Y. R. Dewanti, H. Syafrial, and I. Kartini, “Pelatihan Pembuatan Curriculum Vitae yang Baik dan Efektif,” SEPAKAT Sesi Pengabdi. pada Masy., vol. 2, no. 1, pp. 7–12, 2022.

M. T. Manurung, O. T. D. Retnaningrum, and S. Sugiharto, “Pelatihan Pembuatan Curriculum Vitae Menggunakan Aplikasi CANVA Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Widya Husada Semarang,” JURPIKAT (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 3, no. 2, pp. 400–412, 2022.

T. Anggraini, A. Lassa, and M. Suni, “Pelatihan Pembuatan Curriculum Vitae (CV) untuk Mempersiapkan Lulusan Sekolah Kejuruan dalam Menghadapi Dunia Kerja,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 5, no. 4, pp. 1202–1213, 2021.

S. Suningsih, L. A. Putri, E. Hendrawaty, A. Komalasari, S. Sarumpaet, and W. Waziana, “Pelatihan Pembuatan Curriculum Vitae dalam Bahasa Inggris yang Berbasis Application Tracking System,” J. Nusant. Mengabdi, vol. 3, no. 2, pp. 85–93, 2024.

A. Suharto, R. Subariah, and S. Farizy, “Pelatihan Dan Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Desain Grafis Pada Siswa Smk Saradan Tajur Halang Bogor,” J. Abdimas Indones., vol. 2, no. 3, pp. 338–342, 2022.

E. D. Astuti and N. Sintesa, “Peningkatan Kemampuan Membuat Curriculum Vitae Peserta PKBM Melalui Kegiatan Pelatihan Dalam Pengabdian Masyarakat,” J. Abdimas Plj, vol. 1, no. 1, pp. 39–43, 2021.

S. W. I. Trahutami and R. Wiyatasari, “Pembekalan Pembuatan CV dan Interview Kerja Untuk Calon Pemagang Ke Jepang,” Harmon. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 3, pp. 42–47, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v8i2.5294

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 082273124433.
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id