Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan dalam Budi Daya Ikan Lele Kolam Terpal, Teknologi Pengasapan, dan Pemasaran Inovatif

Yeasy Darmayanti, Hafrijal Syandri, Azrita Azrita, Suryadimal Suryadimal, Reni Yuliviona, Riska Amelia, Bukhari Bukhari

Sari


Pemberdayaan UMKM sebagai strategi penguatan ekonomi masyarakat telah menjadi fokus utama pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. Dengan menerapkan konsep green economy, terutama melalui ketahanan pangan, pemerintah berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan mempromosikan konsumsi ikan, salah satunya ikan lele. Ikan lele asap (salai limbek) menjadi salah satu sumber protein berkualitas tinggi, namun sayangnya merupakan makanan kelas premium karena harganya yang relatif mahal. Hal ini disebabkan oleh kendala seperti keterbatasan bahan baku ikan lele segar, lama proses pengasapan, dan produksi terbatas akibat jangkauan pemasaran yang masih terbatas. Hal tersebut dirasakan oleh UMKM Salai Limbek Nita, produsen ikan lele asap di Nagari Sungai Puar, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Untuk mengatasi permasalahan ini, tim pengabdi berdedikasi untuk membantu UMKM dengan kegiatan pelatihan dan pendampingan budidaya pembesaran ikan lele, pembuatan oven untuk meningkatkan kualitas proses pengasapan, desain kemasan dan labeling, serta membangun sistem e-commerce guna memperluas jangkauan penjualan. Pelatihan yang diikuti oleh 35 peserta dari unsur masyarakat, UMKM, perangkat nagari, tokoh masyarakat, dan petugas penyuluh kabupaten. Hasil kegiatan pengabdian mampu meningkatkan pemahaman dan kepuasan peserta pelatihan. Sementara bagi mahasiswa yang dilibatkan (program MBKM) terjadi peningkatan softskill dan hardskill melalui partisipasi dalam kegiatan PKM tersebut. Secara umum kegiatan ini diharapkan akan berdampak pada lingkup yang lebih luas yaitu terjadinya peningkatan ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan


Kata Kunci


budidaya ikan lele terpal, teknologi pengasapan, pengemasan, pelabelan, pemasaran digital

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sarfiah, S.N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. 2019. UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4 (1). Fakultas Ekonomi Universitas Tidar.

Bank of Indonesia. 2020. Indonesia Economic Report 2020 “ Synergy to Build Optimism for Economic Recovery.” Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi, 112. https://www.bi.go.id/id/publikasi/laporantahunan/perekonomian/documents/9_LPI2020.pdf

Deny, S. 2023. 64.2 Juta UMKM Indonesia Mampu Serap 97% Tenaga Kerja. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5367635/642-juta-umkm-indonesia-mampu-serap-97-tenaga-kerja

Sumiati, E. 2015. Model Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mempertahankan Kearifan Lokal (Etnografi Pada Masyarakat Adat Kampung Cireundeu Kota Cimahi. Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia

Sandi, F. B. 2023. Lima Permasalahan UMKM yang Sering Terjadi dan Solusinya. https://www.online-pajak.com/seputar-pph-final/permasalahan-umkm

Adiningsih, S. 2019. Indonesia’s Digital-Based Economic Transformation: The Emergence of New Technological, Business, Economic, and Policy Trends in Indonesia. E-book. https://books.google.co.id/books/about/Indonesia_s_Digital_Based_Economic_Trans.html?id=77m0DwAAQBAJ&redir_esc=y

Sudaryanti., Ragimun., & Wijayanti, R.R. 2013. Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas Asean. https://www.academia.edu/35054832/Strategi_Pemberdayaan_UMKM_Menghadapi_Pasar_Bebas_Asean

Azrita, Syandri, H., Elfiondri. 2023. Implementasi Budidaya Ikan di Kolam Terpal Berbasis Sumberdaya Lokal Dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Mahasiswa dan Petani Ikan di Danau Maninjau. Journal Vokasi, vol 7 (2) pp. 23-32.

Rosalina, D. 2015. Analisis Kelayakan Usaha Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal di Desa Namang Kabupaten Bangka Tengah. Maspari Journal, 6(1), 79–88.

Marisda DH dan Anisa, 2019. Penerapan teknologi bioflok budidaya ikan nila untuk pemanfaatan pekarangan rumah nonproduktif. Segawati. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat ITS, 3(3): 79-84.

Hasimuna, O., Maulu, S, Monde, C., and Mweemba, M. 2019. Cage aquaculture production in Zambia: Assessment of opportunities and challenges on Lake Kariba, Siavonga district. Egyptian Journal of Aquatic Research, pp. 281-285.

Kim, K., Park., Y., Je, H.W., Seong, M., Damusaru, J.H., Kim, S., Jung, J.Y., Bai, S.C. 2019. Tuna byproducts as a fish-meal in tilapia aquaculture. Ecotoxicology and Environmental Safety, pp. 364–372.

Anugrah, D. 2023. Inovasi Dalam Pemasaran, Pengertian, Manfaat Beserta Contohnya. https://feb.umsu.ac.id/inovasi-dalam-pemasaran/

Irmeilyana. 2023. Penyuluhan Desain Packing Produk dan Pemanfaatan Digital Marketing pada Usaha Kerupuk di Desa Tanjung Pering Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten OI. Journal Vokasi, vol 7 (2) pp. 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v8i2.4776

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 082273124433.
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id