IMPLEMENTASI DESAIN BARU BECAK LISTRIK PENGANGKUT SAMPAH UNTUK TRANSPORTASI RAMAH LINGKUNGAN DENGAN ENERGI TERBARUKAN

Iskandar Hasanuddin, Zulfan Zulfan, Sri Rahmawati, Sarwo Edhy Sofyan, Ikramullah Ikramullah, Akram Tamlicha, Udink Aulia, Syahriza Syahriza, Yusria Darma, Lulusi Lulusi, Rudiansyah Putra, Ahmadiar Ahmadiar, Yuwaldi Away, Rama Herawati

Sari


Transportasi berkelanjutan dan ramah lingkungan menjadi perhatian utama dalam upaya mengurangi dampak lingkungan dan ketergantungan pada bahan bakar fosil. Pada kegiatan ini desain baru becak listrik pengangkut sampah  menggunakan sumber energi terbarukan untuk mengatasi tantangan transportasi dan pengelolaan sampah. becak ini akan diimplementasikan di daerah Aceh dan sekitarnya, terutama di sekitar kampus Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Desain inovatif ini menggabungkan karakteristik tradisional becak dengan teknologi energi terbarukan guna menciptakan solusi yang relevan dengan lingkungan setempat. Dalam desain becak listrik baru ini, baterai lithium-ion diintegrasikan sebagai sumber utama, dengan kemampuan pengisian ulang melalui baterai yang dipasang pada struktur becak. Ini menghasilkan manfaat ganda dengan operasional yang lebih ekonomis dan berkontribusi pada lingkungan yang lebih bersih. Implementasi becak listrik ini akan memberikan dampak positif terhadap transportasi sampah di perkotaan Aceh. Selain mengurangi polusi udara dan kebisingan, becak ini akan memfasilitasi akses ke lokasi yang sulit dijangkau oleh kendaraan konvensional. Penting untuk dicatat bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Universitas Syiah Kuala. Selain memberikan solusi bagi transportasi dan pengelolaan sampah, desain becak listrik ini dapat menjadi model untuk pengembangan kendaraan listrik lainnya yang menggunakan energi terbarukan. Ini akan memberikan kontribusi penting dalam mengurangi dampak negatif perubahan iklim dan mengurangi ketergantungan pada sumber daya fosil di daerah tersebut.

 


Kata Kunci


Implementasi becak listrik, pengangkut sampah, energy,terbarukan, pengelolaan sampah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, J., & Hasibuan, F. A. (2019). Pengaruh dampak pencemaran udara terhadap kesehatan untuk menambah pemahaman masyarakat awam tentang bahaya dari polusi udara. Prosiding Snfur, 4(2), 3. A. M. Smith and E. Williams, "Electric vehicles: Prospects and challenges," The Royal Society, 2019.

Rahmadania, N. (2022). Pemanasan Global Penyebab Efek Rumah Kaca dan Penanggulangannya. Jurnal Ilmu Teknik, 2(3).

Mustaghfiroha, U., Ni’mahb, L. K., Sundusiyahc, A., Addahlawid, H. A., & Hidayatullahe, A. F. (2020). Implementasi prinsip good environmental governance dalam pengelolaan sampah di indonesia implementation of the principles of good environmental governance in garbage management in indonesia. Bina Hukum Lingkungan, 4(2).

Akhirul, A., Witra, Y., Umar, I., & Erianjoni, E. (2020). Dampak Negatif Pertumbuhan Penduduk Terhadap Lingkungan Dan Upaya Mengatasinya. Jurnal Kependudukan Dan Pembangunan Lingkungan, 1(3), 76-84.

Ramadhina, A., & Najicha, F. U. (2022). Regulasi Kendaraan Listrik di Indonesia Sebagai Upaya Pengurangan Emisi Gas. Jurnal Hukum To-Ra: Hukum Untuk Mengatur Dan Melindungi Masyarakat, 8(2), 201-208.

Taufiqurrohman, M., & Yusuf, M. (2022). Pemanfaatan energi terbarukan dalam pengolahan daur ulang limbah. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 1(1), 46-57.

Tamlicha, A., Rizal, S., Hasanuddin, I., Noor, M. M., Ferdiansyah, R., Rahmawati, S., & Nazaruddin, N. (2023). Optimization of the jaloe kayoh seat design using the quality function deployment (QFD) method based on anthropometric measurements of the Acehnese Society. Jurnal Polimesin, 21(2), 192-198.

Hamzani and A. Desmi, "Pengaruh Angkutan Becak Mesin Terhadap Kinerja Jalan," Teras Jurnal, vol. 4, no. 2, 2014, ISSN 20188-0561.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v7i3.4660

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 082273124433.
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id