Pemanfaatan Digital Marketing pada Packing Produk Inovasi Varian Rasa Kekinian Usaha Kue Semprong Desa Tanjung Gelam Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir
Sari
Desa Tanjung Gelam dan beberapa desa di sekitarnya merupakan salah satu sentra kue semprong dan kerupuk, terutama kerupuk panggang. Produk yang dijual semuanya hampir sama. Packing produk kue semprong ini relatif masih sangat sederhana dan kurang menjamin bahwa produk dapat lebih tahan lama. Tujuan kegiatan PPM ini adalah untuk memberi penyuluhan/pelatihan kepada khalayak sasaran tentang packing kemasan produk yang dapat menghasilkan performa yang menarik, menjaga ketahanan produk supaya lebih awet, aman, dan kue tidak mudah hancur, serta menunjukkan brand produk termasuk informasi narahubung dan promosi produk. Juga memberi ide dan pengetahuan mengenai inovasi varian rasa dan bentuk kue semprong kekinian pada packing, serta mengenalkan cara penjualan produk kue semprong melalui digital marketing. Metode pelaksanaan kegiatan berupa penyuluhan dan implementasi pemasaran melalui digital marketing. Hasil kegiatan dapat menambah wawasan khalayak mengenai usaha jual beli, tantangan dan hambatan usaha, produk sejenis yang diperjual belikan secara online di beberapa platform marketplace, dan tips keberlanjutan usaha menghadapi perkembangan pemasaran.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
BPS Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Ilir dalam Angka 2022. Indralaya: BPS Kabupaten Ogan Ilir, 2022.
BPS Kabupaten Ogan Ilir, Kecamatan Indralaya dalam Angka 2022. Indralaya: BPS Kabupaten Ogan Ilir, 2022.
Irmeilyana, Ngudiantoro, S. I. Maiyanti, and A. Setiawan, “Pemanfaatan Gawai pada Adaptasi Teknologi untuk Media Pembelajaran bagi Guru SDN 9 Tanjung Batu di Desa Limbang Jaya Kabupaten Ogan Ilir,” Vokasi, vol. 6, no. 1, pp. 16–23, 2022, doi: Prefix 10.30811/vokasi.
M. Nasir, Aswandi, F. Yanuar, and G. Syahputra, “Peningkatan Ketrampilan Penggunaan Teknologi Informasi pada Sistem Pembelajaran Daring bagi Guru SMK Negeri 5 Lhokseumawe,” Vokasi, vol. 5, no. 2, pp. 134–139, 2021.
W. V. Siregar, A. Hasibuan, and M. D. Nurdin, “Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Daring untuk Membangun Generasi Hebat,” Vokasi, vol. 5, no. 2, pp. 86–90, 2021.
M. Y. Siregar and S. A. Akbar, “Strategi guru dalam meningkatkan kualitas mengajar selama masa Pandemi COVID-19,” At-Tarbawi J. Pendidikan, Sos. dan Kebud., vol. 12, no. 2, pp. 647–662, 2020.
P. Hastuti et al., Kewirausahaan dan UMKM. Yayasan Kita Menulis, 2020.
D. Team, “Panduan Belajar Digital Marketing dari Nol [Lengkap],” 2022. https://www.dewaweb.com/blog/digital-marketing-lengkap/ (accessed Nov. 9, 2023).
W. Kurniasih, “Pengertian Digital Marketing dan 7 Kelebihannya.” https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-digital-marketing/ (accessed Nov. 9, 2023).
P. D. Pratama and B. Nudin, “Strategi Pengembangan Produk Kerupuk Kemplang dengan Metode SWOT di UMKM Dua Putri Bumi Waras Kota Bandar Lampung,” Ind. J. Ilm. Tek. Ind., vol. 5, no. 1, pp. 18–24, 2021, doi: https://doi.org/10.37090/indstrk.v5i1.362.
Irmeilyana, Ngudiantoro, S. I. Maiyanti, A. Setiawan, and A. K. Affandi, “Penyuluhan Desain Packing Produk dan Pemanfaatan Digital Marketing pada Usaha Kerupuk di Desa Tanjung Pering Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten OI,” Vokasi, vol. 7, no. 1, pp. 1–10, 2023, doi: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v7i1.3308.
A. Desiani, Irmeilyana, E. Putri, Ajeng Islamia Yuniar, N. A. Calista, S. Makhalli, and A. Amran, “Pemanfaatan marketplace shopee sebagai strategi untuk meningkatkan pemasaran kain songket,” J. Inov. Has. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 209–219, 2021, doi: 10.33474/jipemas.v4i2.9222.
A. Desiani, Irmeilyana, S. Yahdin, and D. Rodiah, “Inovasi digitalisasi promosi potensi dan produk usaha masyarakat desa berbasis website di Desa Bangsal Kecamatan Pampangan,” Riau J. Empower., vol. 3, no. 1, pp. 49–59, 2020, doi: https://doi.org/10.31258/raje.3.1.49-59.
F. W. Setiofano, Herpandi, and I. Widiastuti, “Analisis Keberlanjutan Pengolahan Kerupuk Ikan di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan,” FishtecH –Jurnal Teknol. Has. Perikan., vol. 6, no. 2, pp. 153–162, 2017.
Dwirini, E. Roostartina, and E. O. D. G., “Pelatihan Mengenai Pengembangan Produk pada Usaha Mikro (UM) Kue Semprong di Desa Meranjat Kabupaten Ogan Ilir,” in Hasil Pengamdian kepada Masyarakat SEMIRATA FEB BKS-PTN Barat 2019, 2019, pp. 103–111.
L. C. Utsman, “Program Pelatihan Ibu Rumah Tangga untuk Meningkatkan Kreativitas Kegiatan Usaha Pengolahan Pangan Kue Semprong (Studi Kasus pada UKM Nining di Desa Blambangan Kabupaten Magelang),” J. Non Form. Educ. Community Empower., vol. 4, no. 1, pp. 55–62, 2015.
S. Widodo et al., “Pendampingan Pemasaran Digital Untuk Kerajinan Rajut Kepada Ibu-ibu PKK RW V Kelurahan Jomblang Kecamatan Candisari Kota Semarang,” Jati Emas (Jurnal Apl. Tek. dan Pengabdi. Masyarakat), vol. 3, no. 2, pp. 176–180, 2019.
P. P. Utami, D. C. Nugraheny, N. Vioreza, and A. Putri, “PKM Pendampingan dan Penyuluhan Kerajinan Limbah Kreatif pada Pemulung di TPA Bantar Gebang Bekasi,” J. Penamas Adi Buana, vol. 5, no. 1, pp. 1–12, 2021.
Lindawati, S. Wardani, D. M. Sari, Alaisyi, and A. Zamakhari, “Penguatan Pengetahuan dan Kemampuan Masyarakat dalam Pemanfaatan Media Sosial untuk Marketing Digital di Desa Tanjung Selamat, Aceh Besar,” Vokasi, vol. 6, no. 3, pp. 219–225, 2022.
W. Wardani et al., “Peningkatan Perekonomian Keluarga Melalui Pelatihan dan Pemasaran Produk Souvenir Berbahan Baku Kain Flanel Secara E-Commerce bagi Ibu-ibu Rumah Tangga,” Vokasi, vol. , no. 3, pp. 212–218, 2022.
A. Rahmi, H. Fitriani, A. Abdurrahman, N. Sabrina, and Z. Zahara, “Desapreneur Digital: Pemberdayaan Desa dalam Mengoptimalkan Industri Kreatif Melalui Technology Information Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Desa Geulumpang Sulu Timur,” Vokasi, vol. 7, no. 1, pp. 72–76, 2023.
DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v8i2.4642
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexing by : | |
---|---|
ALAMAT KANTOR REDAKSI : P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe. Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3 Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785) Phone : 082273124433. Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id |