INTERVENSI SOSIAL : PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT TERHADAP SIMULASI KESIAPSIAGAAN DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR DI DESA CIBREK PIRAK, MATANGKULI, ACEH UTARA

Teuku Ilhami Surya Akbar, Hendra WMS, Nanda Savira Ersa, Hafis Pratama Putra, Niken Ritchie

Sari


Indonesia memiliki resiko tinggi bencana banjir yang dapat menimbulkan berbagai kerugian di segala aspek seperti penduduk, pemerintahan, ekonomi, sarana dan prasarana serta lingkungan, sehingga diperlukan upaya untuk meminimalisasi dampak dengan meningkatkan pengetahuan dan sikap masyarakat tentang tindakan penanggulangan banjir di Wilayah Aceh Utara khususnya Desa Cibrek Pirak, Matang Kuli. Tujuan Memberikan pengetahuan, cara sikap dan peningkatan kewaspadaan terhadap banjir di Ds. Cibrek Pirak, Kecamatan Matang Kuli, Aceh Utara. Rangkaian kegiatan dilakukan dengan 2 metode yaitu pemberian materi dengan metode ceramah oleh pemateri lalu, dan  dilanjutkan dengan simulasi kebencanaan menggunakan alat early warning system (EWS). Tingkat pengetahuan dan sikap peserta penyuluhan terkait kesiapsiagaan terhadapa banjir diukur dengan pemberian kuesioner. Berdasarkan hasil evaluasi, tingkat pengetahuan masyarakat akan kesiapsiagaan menunjukan 48% responden memiliki pengetahuan yang baik dan untuk sikap terhadap banjir menunjukan respon positif dengan persentase 92%. Hal ini menunjukan bagaimana pengetahuan dan sikap masyarakat Cibrek Pirak terhadap kesiapsiagaan banjir tergolong baik

Kata Kunci


pengetahuan, sikap, kesiapsiagaan, banjir, alat early warning system

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


] Anies. Negara Sejuta Bencana Identifikasi, Analisis, & Solusi Mengatasi Bencana dengan Manajemen Kebencanaan. Yogyakarta: ArRuzz Media; 2017.

] Anonim. (2016). Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas. Retrieved from Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas Website: https://kppip.go.id/proyek-strategis-nasional/p-proyek-bendungan-dan-jaringan-irigasi/bendungan-keureuto/

] Erna Yusniyanti, K. (2017). Analisa Puncak Banjir dengan Metode MAF (Studi Kasus Sungai Krueng Keureuto). Einstein, 5(1), 7-12.

] Tania López-Marrero, P. T. (2011). From theory to practice: building more resilient communities in flood-prone areas . Environment and Urbanization, 229-249.

] TIS Akbar, Sayuti M, Maulana I, N.S Ersa (2023). Peningkatan Pemahaman Masyarakat Dalam Penanganan Kegawat Daruratan Banjir Di Desa Ceubrek Pirak, Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Vokasi, Volume 7 (1), 43-49.

] Noorratri ED. Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Pucang Sawit Tentang Kesiapsiagaan Bencana Banjir Di Pucang Sawit. J Ilmu dan Teknol Kesehat. 2021;12(1):21–6.

] Kurniawati D, Suwito S. Pengaruh Pengetahuan Kebencanaan Terhadap Sikap Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang. JPIG (Jurnal Pendidik Dan Ilmu Geogr. 2017;2(2).

] Indawati L. Analisis Tingkat Kerawanan Banjir Dan Persepsi Masyarakat Terhadap Upaya Pengurangan Dampak Banjir Di Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. UNS (Sebelas Maret University); 2015.

] Ridha R, Husna C. Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Terhadap Tindakan penanggulangaan Banjir. 2017;1–7.

] Azwar S. Sikap Manusia dan Pengukurannya. Yogyakarta Pus Belajar Offset. 2013;

] Rahayu, Dkk. Banjir dan Upaya Penanggulangannya. Bandung: Pusat Mitigasi Bencana (PMB-ITB); 2009.

] Bevaola Kusumasari B. Manajemen bencana dan kapabilitas pemerintah lokal. Kusumasari, Bevaola; 2014.

] Kamriana, Safri, Hisbullah, Arafah S. Hubungan Sikap Pengalaman dan Pengetahuan Relawan Terhadap Kesiapsiagaan Bencana. J Media Keperawatan Politek Kesehat Makassar. 2020;11(02):39–45.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v8i1.4581

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 082273124433
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id