PEMBERDAYAAN PEMUDA MELALUI SMILE (SMART VILLAGE) UNTUK MENCIPTAKAN GENERASI MASYARAKAT CERDAS DI GAMPOENG COT SEURANI KABUPATEN ACEH UTARA
Sari
Gampong Cot Seurani termasuk salah satu gampong tertua di kecamatan Muara Batu, yang lahirnya sebelum Kemerdekaan Republik Indonesia. Lingkungan disekitar gampoeng ini merupakan daerah desa yang berpotensi tinggi namun kurangnya pemberdayaan masyarakat cerdas sehingga digunakannya smile (smart village) untuk menciptakan generasi masyarakat cerdas, serta minimnya kemampuan dan keterampilan dalam menciptakan generasi masyarakat cerdas di gampong Cot Seurani kabupaten Aceh Utara. Bersumber dari wawancara kepada Geuchik masalah yang ditemukan di gampoeng ini ialah 1) Kurangnya pemberdayaan masyarakat cerdas sehingga digunakannya smile (smart village) untuk menciptakan generasi masyarakat cerdas di gampong Cot Seurani kabupaten Aceh Utara, 2)Minimnya kemampuan dan keterampilan dalam menciptakan generasi masyarakat cerdas di gampong Cot Seurani kecamatan Muara Batu kabupaten Aceh Utara. Untuk mengatasi masalah ini maka dibutuhkan pemberdayaan pemuda melalui smile (smart village) di gampong cot seurani merupakan sebagai acuan masyarakat dalam menciptakan potensi berdasarkan kemampuannya masing-masing. smile (smart village) harus dipahami bahwa adanya dorongan dari bawah, yaitu dari masyarakat untuk lebih terbiasa menggali potensi dan meningkatkan kapasitas yang dimilikinya. Untuk mencapai tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat maka dibutuhkan pendekatan yang tepat sehingga pelaksaanan dapat berjalan secara efisien dengan metode sebagai berikut. 1) Metode Direct Instruction, dimaksudkan untuk menyampaikan informasi tentang materi yang bersifat teoritis dan umum, dalam hal ini diterapkan dalam bentuk pelatihan dengan parameter, pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan mitra mengenai Smart Village (SMILE), 2) Metode Dialog, dimaksudkan adanya tanya jawab yang terjalin 2 arah sehingga didapatkan feedback yang baik, dan pelaksana dapat membantu masalah yang dialami secara aktual oleh mitra. Dengan kegiatan ini diharapkan pemuda pemudi di Gampong Cot Seurani dapat mengimplementasikan penelitian ini. Berdasarkan hasil angket peserta pelatihan pada aspek kepuasan mendapatkan rata-rata nilai sebesar 93,8 (sangat tinggi), aspek ketertarikan rata-rata nilai yang didapat sebesar 92,3 (sangat tinggi), aspek motivasi mendapatkan rata-rata nilai sebesar 94,5 (sangat tinggi), aspek pengembangan diri rata-rata nilai yang didapat sebesar 92,7(sangat tinggi)
Teks Lengkap:
PDFReferensi
D. Herdiana, “Pengembangan Konsep Smart Village Bagi Desa-Desa di Indonesia (Developing the Smart Village Concept for Indonesian Villages,” JURNAL IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi), vol. 21, no. 1, pp. 1–16, 2019.
T. Subekti and R. Damayanti, “Penerapan model smart village dalam pengembangan desa wisata: Studi pada desa wisata boon pring sanankerto turen kabupaten malang,” Journal of Public Administration and Local Governance, vol. 3, no. 1, pp. 18–28, 2019.
R. Rachmawati, “Pengembangan smart village untuk penguatan smart city dan smart regency,” Jurnal Sistem Cerdas, vol. 1, no. 2, pp. 12–19, 2018.
M. A. Saputra and A. R. Isnain, “Penerapan Smart Village Dalam Peningkatan Pelayanan Masyarakat Menggunakan Metode Web Engeneering (Studi Kasus: Desa Sukanegeri Jaya),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 3, pp. 49–55, 2021.
D. Lase, “Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0,” Jurnal Sundermann, vol. 1, no. 1, pp. 28–43, 2019.
I. Mawardi, T. Turmizi, Z. Zulkifli, T. Taufik, N. Nahar, and M. Hatta, “Pelatihan Usaha Perbengkelan Sepeda Motor Di Kabupaten Aceh Utara,” Jurnal Vokasi, vol. 6, no. 2, pp. 127–132, 2022.
I. Riswanto, “Pengembangan Soal Tes Potensi Akademik Numerik Penerimaan Siswa Baru SMP Berbantuan Media Berbasis Wireless Application Protocol Java 2 Micro Edition (J2ME),” Jurnal Pancaran Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 95–104, 2013.
T. A. Nur’aini and G. Susilo, “Pengaruh Tes Potensi Akademik Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika,” Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, vol. 4, no. 1, pp. 21–28, 2018.
A. Muliaman and M. Mellyzar, “Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Project Based Learning Pada Materi Laju Reaksi,” Chemistry in Education, vol. 9, no. 2, pp. 91–95, 2020.
A. Addaini and S. Alvina, “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor,” Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, vol. 2, no. 2, pp. 16–22, 2020.
M. Muliani, S. R. Zahara, and A. Azni, “Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Terhadap Perilaku Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMAN 1 Kutamakmur,” Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, vol. 3, no. 2, pp. 18-26., 2020.
DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v7i1.3341
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexing by : | |
---|---|
ALAMAT KANTOR REDAKSI : P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe. Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3 Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785) Phone : 082273124433. Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id |