PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN ALAT PERAGA EDUKATIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI PLUS AL FALAH SUNGAI LULUT BANJARMASIN TIMUR

Sari Kumala, Abdul Hafiz, Muhammad Iqbal Ansari, Tutus Rani Arifa, Jumiati Jumiati

Sari


Alat peraga merupakan suatu alat bantu yang digunakan oleh pendidik untuk memberikan pengajaran kepada peserta didiknya dengan tujuan agar si peserta didik mampu mempelajari sesuatu bidang yang dipelajarinya, lebih cepat memahami dan mengerti, dan lebih efektif serta efisien. di Madrasah Ibtidaiyah terdapat mata pelajaran yang berkaitan erat tantang ibadah yaitu pada  mata pelajaran Fiqih yang mana sangat diperlukan alat peraga untuk menunjang agar tercapai proses pembelajaran serta pembelajaran agar lebih menarik bagi siswa sehingga siswa juga menyukai pembelajaran yang berkaitan tentang ibadah. Di sekolah MI Plus Al Falah Sungai Lulut Banjarmasin Timur termasuk Sekolah yang baru berdiri sehingga Solusi yang ditawarkan yaitu dengan memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan alat peraga edukatif pada mata pelajaran Fiqih dengan tujuan agar Guru-guru di MI Plus Al Falah Sungai Lulut Banjarmasin dan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan Alat Peraga Edukatif untuk mata pelajaran Fiqih. Metode yang digunakan pada pengabdian ini yaitu di awali dengan ceramah, diskusi dan Tanya jawab dilanjutkan demonstrasi/ praktek, workshop / pelatihan dan pendampingan. Kegiatan dilaksanakan dengan cara tatap muka dan praktek. Ketercapaian tujuan pelatihan pendampingan pembuatan alat peraga edukatif pada mata pelajaran Fiqih secara umum sudah baik, dilihat dari hasil latihan para peserta dalam membuat alat peraga edukatif pada mata pelajaran Fiqih dari kain planel dapat diselesaikan dengan baik. Selain itu, melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan ini para peserta menjadi tahu tentang bagaimana cara membuat alat peraga edukatif pada mata pelajaran Fiqih materi Sholat dari kain Planel. Secara keseluruhan kegiatan pelatihan pembuatan alat pearaga edukatif Mata Pelajaran Fiqih materi sholat dapat dikatakan berhasil.

Kata Kunci


Alat Peraga Edukatif, Mata Pelajaran Fiqih

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Alucyana, R. Raihana, and D. T. Utami, “Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Kartu Huruf Hijaiyah di PAUD,” Al-Hikmah J. Agama dan Ilmu Pengetah., vol. 17, no. 1, pp. 46–57, 2020.

S. Wahyuni, “Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Siswa Di Sd N Beningan Kabupaten Magelang.” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang, 2020.

I. M. Jamil, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode Qira aty,” J. Ilm. Pendidik. Anak, vol. 2, no. 2, 2017.

I. Mawardi, “PKM Usaha Keripik Ubi Rumah Tangga Di Kecamatan Muara Dua Pemkot LhokseumawE,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 1–8, 2019.

I. Mawardi, T. Turmizi, Z. Zulkifli, T. Taufik, N. Nahar, and M. Hatta, “Pelatihan Usaha Perbengkelan Sepeda Motor Di Kabupaten Aceh Utara,” J. Vokasi, vol. 6, no. 2, pp. 127–132, 2022.

M. A. Saptari and T. Trisna, “Pelatihan Optimalisasi Microsoft Office Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir Iain Lhokseumawe,” J. Vokasi, vol. 6, no. 2, pp. 138–142, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v6i3.3301

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 082273124433.
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id