PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI ISPRING SUITE DAN SMART APPS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BAGI GURU SD DI LHOKSEUMAWE PADA ERA NEW NORMAL

Halimatus Sakdiah, Isna Rezkia Lukman, Muliani Muliani

Sari


Penguasaan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan digunakan untuk memperlancar proses belajar dan pembelajaran. Penguasaan TIK terintegrasi dengan penggunaan media digital pada proses pembelajaran sebagai wujud penguatan kemampuan literasi digital baik guru maupun peserta didik. Tujuan kegiatan pengabdian adalah memberikan pelatihan penggunaan aplikasi  iSpring Suite dan smart apps sebagai media pembelajaran digital bagi guru SD di Lhokseumawe pada era new normal. Metode pelaksanaan terdiri dari 4 tahap yaitu identifikasi permasalahan, pengolahan informasi dan penentuan pemecahan masalah, penyusunan materi pelatihan, kegiatan pelaksanaan. Peserta kegiatan adalah guru-guru SD yang berasal dari SDN 1 Muara Satu, SDN 2 Muara satu, SDN 3 Muara Satu, SDN 4 Muara Satu, SDN 5 Muara Satu, SDN 6 Muara Satu, SDN 7 Muara Satu dan SD Arun Muara satu. Kegiatan dilakukan 3 kali pertemuan, pertemuan pertama dilakukan pelatihan sedangkan pertemuan kedua dan ketiga dilakukan pendampingan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini terjadi peningkatan dalam pemanfaatan TIK sebesar 15%, Pemanfaatan android sebesar 5%, mengenal aplikasi berbasis android sebesar 36%, kemampuan menyusun aplikasi pembelajaran berbasis android 59%, dan peningkatan dalam keinginan melaksanakan pembelajaran menggunakan media berbasis android sebesar 4%, dengan demikian terjadi peningkatan rata-rata keseluruhan sebesar 24%

Kata Kunci


iSpring Suite, smart apps, media pembelajaran, digital

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


R. H. Mardhiyah, S. N. F. Aldriani, F. Chitta, And M. R. Zulfikar, “Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia,” Lect. J. Pendidik., Vol. 12, No. 1, Pp. 29–40, 2021. [2] M. Mustofa And B. H. Budiwati, “Proses Literasi Digital Terhadap Anak: Tantangan Pendidikan Di Zaman Now,” Pustakaloka J. Kaji. Inf. Dan Perpust., Vol. 11, No. 1, P. 114, 2019. [3] M. Muliani, N. Novita, M. Marhami, And H. Sakdiah, “Pengembangan Kompetensi Literasi Digital Pada Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj),” Matappa J. Pengabdi. Kpd. Masy., Vol. 4, No. 1, Pp. 51–58, 2021. [4] W. Sahrani And S. D. Lestari, “Aplikasi Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Berbasis Android Pada Sma Negeri 1 Muara Teweh,” J. Sains Dan Inform., Vol. 4, No. 1, Pp. 51–56, 2018. [5] D. E. Myori, R. Hidayat, F. Eliza, And R. Fadli, “Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penguasaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android,” Jtev (Jurnal Tek. Elektro Dan Vokasional), Vol. 5, No. 2, Pp. 102–109, 2019. [6] D. Santoso And D. Ramadhani, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Pengenalan Microdoft Word Di Lpk Sheza Pontianak,” J. Teknol. Inf. Dan Pendidik., Vol. 12, No. 1, Pp. 106–110, 2019. [7] E. Ismanto, M. Novalia, And P. B. Herlandy, “Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Sma Negeri 2,” J. Untuk Mu Negeri Vol., Vol. 1, No. 1, Pp. 42–47, 2017. [8] I. R. Lukman And A. Ulfa, “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Kimia Siswa Sma Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android,” Jinotep (Jurnal Inov. Dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. Dan Ris. Dalam Teknol. Pembelajaran, Vol. 7, No. 2, Pp. 157–164, 2020. [9] K. Wulandari, I. Marviani, I. R. Lukman, J. Ikhsan, And K. H. Sugiyarto, “The 2 Nd International Seminar On Science Education (Isse) Graduate School-Yogyakarta State University,” Int. Semin. Sci. Educ., Vol. 2, 2016. [10] K. H. Sugiyarto, J. Ikhsan, And I. R. Lukman, “The Use Of An Android–BasedGame In The Team Assisted Individualization To Improve Students’ Creativity And Cognitive Achievement In Chemistry,” J. Phys. Conf. Ser., Vol. 1022, No. 1, P. 012037, May 2018. [11] N. Nurdin And Z. Zulkarnaini, “Appropriate Technology Program Of Postharvested Coffee: Production, Marketing, And Coffee Processing Machine Business Unit,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. (Indonesian J. Community Engag., Vol. 5, No. 2, Pp. 267– 283. [12] S. Rosanti, N. Alamhamdani, And Maskur, “Penerapan Multimedia Interaktif Ispring Suite 8 Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Menulis Bahasa Inggris Pada Pokok Bahasa Offering Help Di Sekolah Menengah Atas,” Jtep-Jurnal Teknol. Pendidik. Dan Pembelajaran, Vol. 5, No. 1, Pp. 916–926, 2020. [13] I. Mawardi, N. Nurdin, And Z. Zulkarnaini, “Inovasi Mesin-Mesin Teknologi Pascapanen Kopi Sebagai Produk Usaha Intelektual Kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe,” Panrita Abdi-Jurnal Pengabdi. pada Masy., vol. 4, no. 1, pp. 24– 33, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v6i2.3053

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 082273124433.
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id